Berita

Juleha Dapatkan Pelatihan Sembelih Hewan Kurban

Klojen (malangkota.go.id) – Menjelang Hari Raya Idul Adha (Hari Raya Kurban), Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang menggelar pelatihan bagi Juru Sembelih Hewan Halal (Juleha) yang ada di Kota Malang, Rabu (23/8).

Juleha mendapatkan pengarahan cara menyembelih hewan kurban yang baik

Pelatihan bagi Juleha ini dilangsungkan di Rumah Penyembelihan Hewan (RPH) Kota Malang diikuti sebanyak 100 orang juru sembelih. Selain menyembelih sapi dan kambing, peserta juga mendapatkan arahan bagaimana menyembelih ayam yang baik dan benar.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang drh. Anton Pramujiono mengungkapkan, pelatihan kali ini dimaksudkan agar Juleha mampu menyembelih hewan kurban dengan benar sesuai dengan syariat.

“Setelah mengikuti kegiatan ini, kami berharap peserta bisa menyembelih hewan kurban sesuai syariat,” harap Anton, Rabu (23/8).

Dalam pelatihan ini peserta juga diajari bagaimana cara merobohkan hewan kurban yang baik serta penanganan daging kurban.

Kegiatan diseminasi Juleha, disampaikan Anton dilakukan setiap tahun sebelum Hari Raya Idul Adha dengan peserta yang berbeda-beda. Mereka yang mendapatkan pelatihan akan diterjunkan langsung menangani hewan kurban di lingkungan masing-masing.

“Juleha merupakan ujung tombak melaksanakan penyembelihan. Dengan penyembelihan dan penanganan yang benar, maka daging yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) bisa didapatkan,” terangnya.

Dalam pelatihan ini juga diisi dengan materi bagaimana mengenali usia hewan yang akan disembelih dengan melihat gigi hewan kurban, serta bagaimana memilih hewan kurban yang baik. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content