Berita

KPPN Malang Raih Sertifikat ISO 9001:2008

Pemerintah Kota Malang memberikan selamat kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang atas diraihnya Sertifikat ISO 9001:2008 dalam penyelenggaraan tugas dan wewenang perbendaharaan negara serta sebagai bendahara umum negara di daerah yang bertugas menyalurkan pembiayaan atas beban anggaran dan juga penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui kas negara berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

KPPN-raih-iso

KPPN merupakan ujung tombak perbendaharaan negara yang berkontribusi memberikan seluruh pelayanan perbendaharaan dengan baik agar dapat memberikan kepuasan atas informasi yang dibutuhkan stakeholder dan mampu memberi pertanggungjawaban yang baik kepada negara.
Pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik harus didukung dengan upaya-upaya yang sudah dicanangkan dalam era reformasi birokrasi. Pemerintah Republik Indonesia berusaha menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih, profesional, dinamis, dan mengedepankan fungsi pelayanan kepada masyarakat.

Salah satu usaha untuk menjamin reformasi birokrasi dapat berjalan sesuai dengan target yang telah direncanakan, baik dari kerangka waktu maupun dari sisi kualitas yang diperlukan adalah quality assurance.
Sertifikat ISO 9001:2008 tersebut diberikan oleh badan sertifikasi internasional Guardian Independent Certification (GIC) setelah melalui tahapan pendampingan dan sertifikasi.

Demikian yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Malang, Ir. Cipto Wiyono, M.Si, Rabu (25/02) dalam acara tersebut. Quality assurance reformasi birokrasi dilakukan dengan pencanangan program sertifikasi berstandar internasional untuk proses yang dilaksanakan di unit-unit pelayanan.
“Oleh karena itu, kami ikut bangga dan berbesar hati, karena instansi vertikal Kementerian Keuangan yang berada di wilayah Kota Malang yaitu KPPN Malang telah memperoleh Sertifikat ISO 9001:2008,” imbuhnya.

“Dengan demikian KPPN Malang diharapkan dapat melakukan pelayanan publik lebih baik lagi kepada stakeholder di wilayah kerjanya dan citra KPPN Malang semakin diakui. Sertifikasi ini bertujuan menjamin kualitas proses pengelolaan organisasi yang diarahkan untuk menghasilkan output yang sesuai dengan harapan stakeholder. Penerapan ISO 9001:2008 bermanfaat mendorong peningkatan pelayanan kualitas KPPN dalam rangka pengelolaan keuangan negara secara profesional, peningkatan efektivitas, dan efisiensi pengelolaan keuangan publik,” urai Cipto.
Selain itu, kata dia, hal tersebut dapat meningkatkan citra profesionalisme KPPN maupun Dirjen Perbendaharaan dan Kementerian Keuangan secara umum. Sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 adalah standar internasional untuk manajemen kualitas.

“Di dalam ISO tersebut menetapkan persyaratan dan rekomendasi untuk suatu desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen kualitas yang bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi akan memberikan produk layanan yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan,”jelas pria berkacamata itu.
Untuk itu, terang Cipto, memerlukan komitmen dan konsistensi serta upaya yang sungguh-sungguh dari segenap lini organisasi yang ada serta dukungan dari instansi vertikal untuk  merubah sikap perilaku menuju terwujudnya budaya mutu. “Penerapan sistem ini bermanfaat agar terciptya pelayanan prima, efisien, kepastian mutu pelayanan dan transparansi yang kesemuanya merupakan pilar dari pelaksanaan prinsip-prinsip good governance,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Marwanto Harjowiryono. Menurutnya, sertifikasi ini tidak hanya diakui secara nasional, tapi internasional, karena GIC kantornya ada di London, Inggris.”Kami berharap pelayanan bisa baik terus menerus, bukan semata-mata karena sertifikasinya. KPPN Malang merupakan pilot project, selain juga KPPN Semarang, Yogyakarta, dan Semarang,” bebernya.

“Dari 178 kantor pajak dibuat empat terlebih dahulu, nantinya akan kita kloning ke yang lain. KPPN yang sudah sertifikasi, pelayanannya tidak hanya dimonitor stakeholder seperti halnya satuan-satuan kerja, tapi juga di monitor semua pihak termasuk tim independen sehingga pelayanannya benar-benar sesuai harapan,” pungkas Marwanto. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content