Berita

Bandiklat Sumsel Belajar Peningkatan Kompetensi Lurah ke Kota Malang

bandiklat-sumsel-belajarBertempat di Ruang Sidang Balai Kota Malang telah dilaksanakan acara penerimaan Orientasi Lapangan (OL) Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Peningkatan Kompetensi Lurah Se-Sumatera Selatan. Rombongan yang berjumlah 40 orang dengan ketua rombongan Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Provinsi Sumatera Selatan Ir. H. Yoeliar Hamdan, M.Si. Anggota OL ini terdiri dari para lurah dan didampingi dengan beberapa staf Bandiklat Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (26/3).

Dalam sambutan Wali Kota Malang yang dibacakan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang Drs. Subkhan menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Malang menjadikan kelurahan sebagai sebuah SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dengan menerbitkan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 8 Tahun 2008 tentang Organisasi Kecamatan dan Kelurahan serta Peraturan Walikota Malang (Perwal) Nomor 71 tahun 2008 tentang Uraian Tugas Pokok, Fungsi, dan Tata Kerja Kelurahan.

“Selain itu setiap kelurahan di Kota Malang mengikuti perlombaan antar kelurahan secara berjenjang, tujuannya yaitu untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi masyarakat dan swadaya gotong royong masyarakat di kelurahan sekaligus mengevaluasi keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan kelurahan,” ujar Subkhan.
Sementara itu pimpinan rombongan OL yang juga Sekretaris Bandiklat Provinsi Sumatera Selatan, Ir. H. Yoeliar Hamdan, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan OL adalah untuk mengetahui Peningkatan Kompetensi Lurah yang dilakukan di Pemerintah Kota Malang dengan peserta yang mewakili Sumatera Selatan.
Dalam OL ini ada 4 topik utama yang akan membahas bagaimana kepemimpinan lurah di daerah Kota Malang, bagaimana pelayanan terhadap masyarakat, bagaimana strategi kepemimpinannya, dan bagaimana pembinaan aparatur kepemimpinan. Setelah OL selesai digelar di Ruang Sidang Balai Kota Malang, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lokasi yang telah dipilih yaitu Kelurahan Tlogomas. (say/hms/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content