Berita

Lebih Sehat Dengan Mengonsumsi Ikan

Mengampanyekan agar masyarakat Kota Malang semakin memahami manfaat baik mengonsumsi ikan, TP PKK Kota Malang bekerjasama dengan Dinas Pertanian (Disperta) Kota Malang dan Kantor Ketahanan Pangan menggelar Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Lapangan Brawijaya (Rampal) Malang, Minggu (26/4).

Lomba menggambar bertema ikan dalam acara Gemarikan di Lapangan Rampal, Minggu (26/4)
Lomba menggambar dengan tema ikan dalam acara Gemarikan di Lapangan Rampal, Minggu (26/4)

Acara yang dibuka langsung oleh Wali Kota Malang H. Moch. Anton dan Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani ini juga digelar berbagai kegiatan. Mulai dari lomba cipta menu dengan bahan dasar ikan, demo memasak ikan dari Hotel Sahid Montana, sampai dengan lomba menggambar dengan tema ikan.

Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani mengatakan kegiatan Gemarikan ini adalah untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat. Dengan gizi ikan yang begitu baik, tentu akan sangat membantu Kota Malang untuk bisa melahirkan generasi yang sehat , kuat, cerdas dan cemerlang.

“Pada kegiatan kali ini juga digelar lomba cipta menu dengan bahan dasar ikan. Harapannya masyarakat bisa semakin pintar mengolah makanan dari ikan sehingga anak-anak bisa semakin suka makan ikan,” jelas wanita yang kerap disapa Umi Farida itu, Minggu (26/4).

Selain lomba cipta menu dari ikan, pada kegiatan ini juga digelar lomba membuat makanan dengan bahan non beras, baik itu dari jagung atau ketela pohon. Dengan cara ini diharapkan tercipta resep makanan alternatif sebagai pengganti bahan makanan pokok selama ini yaitu beras.

Kepala Dinas Pertanian Kota Malang, Ir. Hadi Santoso mengungkapkan sengaja menggelar kegiatan Gemarikan ini adalah untuk mengampanyekan kebiasaan mengonsumsi ikan. Dengan gizi yang begitu tinggi, ikan sangat bagus untuk dikonsumsi. Tetapi faktanya, masyarakat Indonesia saat ini tingkat konsumsi ikannya masih rendah.

“Adanya kegiatan ini kami harapkan bisa mengedukasi masyarakat bahwa mengonsumsi makanan-makanan bergizi tinggi yang berasal dari ikan sangat bermanfaat untuk tubuh terutama untuk meningkatkan kesehatan,” jelas Soni, panggilan akrab Ir. Hadi Santoso. (cah/yon)

You may also like

Skip to content