Berita

Pedagang Pasar Dinoyo Pindah Ke Tempat Relokasi

Setelah beberapa waktu lalu tempat relokasi pedagang pasar Dinoyo diresmikan oleh Walikota Malang, Drs. Peni Suparto, M.AP , maka kini tiba saatnya tempat tersebut untuk ditempati oleh para pedagang. Tempat relokasi tersebut akan ditempati secara resmi besok Minggu (11/12/2011). Sedangkan pada hari ini, Sabtu (10/11/2011) merupakan undangan kepada pedagang dan sosialisasi mengenai lokasi yang akan mereka tempati nantinya.

Para pedagang antri untuk mengetahui dimana mereka akan berjualan
Para pedagang antri untuk mengetahui dimana mereka akan berjualan

Hal itulah yang disampaikan oleh direktur PT Citra GadingAsritama, Heri Mursyid saat ditemui disela-sela acara acara sosisalisasi. Hari ini, kata dia, para pedagang akan mengetahui dimana mereka nantinya akan berjualan dan melakukan berbagai persiapan apa saja yang masih kurang. “Sehingga, pada saat dibuka secara resmi besok, para pedagang sudah siap untuk berjualan,” ujarnya.

Heri menambahkan, seperti halnya jika satu orang pedagang mempunyai tiga tempat, maka dia akan mengatusnya bagaimana nanti setting tempat berdagangnya, atau hal lain yang perlu dipersiapkan. Terkait kepindahan pedagang pasar Dinoyo ke lokasi relokasi yang ada di jalan Merjosari, kecamatan Lowokwaru ini, pihak PT Citra Gading Asritama selaku pengembang akan menyediakan transportasi gratis kepada pedagang yang akan memindahkan barang dagangannya.

Sedangkan target untuk menyelesaikan pasar Dinoyo, kata Heri, pihaknya diberi waktu 1,5 tahun, dan hal ini terhitung sejak bulan Februari 2012 mendatang. Ditanya mengenai kekurangan fasilitas di tempat relokasi, Heri mengaku memang masih ada beberapa titik yang harus dibenahi, seperti halnya tempat parkir. “Kami masih punya waktu hingga tanggal 2 Januari 2012 untuk menyelesaikan semua itu. Dan kami optimis dalam rentan waktu itu semuanya akan terselesaikan.

Hasil dari apa yang kita lakukan, lanjut Heri, akan dilaporkan kepada komnas HAM dan ombudsmen, dan hal ini merupakan perintah dari Pemkot Malang. “Sesuai instruksi, kami akan melaporkan semuanya, terutama mengenai musyawarah mufakat dengan berbagai pihak, khususnya dengan para pedagang,” sambungnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pasar Kota Malang, Bowo Soeprastiyo. Menurut dia, semua aktibitas hari ini berjalan lancar dan para pedagang diharapkan bisa berjualan ditempat relokasi ini dengan aman dan nyaman. “Pedagang akan pindah ke tempat relokasi ini besok. Kami berharap semua pihak bisa menerima dan tidak ada lagi permasalahan tentang pedagang,” terang Bowo.

Sementara itu, ketua paguyuban pedagang pasar Dinoo, Herwimtanto mengatakan jika besok akan ada sebanyak 1283 pedagang yang akan menempati tempat relokasi tersebut. Selain itu, juga ada 300 Pedagan Kaki Lima (PKL) yang masih akan diatur penempatannya.”Hingga saat ini semua berjalan lancar, dan mudah-mudahan pedagang bisa senang,” jelasnya. (say/dmb)

You may also like

Skip to content