Berita

Kota Malang Dilirik Pengusaha Bulgaria

Setelah Kota Malang dinobatkan sebagai Top 25 Pelayanan Publik 2015 yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, kembali kepercayaan disandangkan kepada Kota Malang. Seperti yang disampaikan Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Direktorat Jenderal Perdagangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, Dra. Pradnyawati, MA, Kota Malang merupakan salah satu kota yang dipilih dan dipercaya untuk membuka peluang dagang dan kerjasama sister city dengan kota di Bulgaria.

Wali Kota Malang H. Moch. Anton menjelaskan potensi yang dimiliki Kota Malang, Senin (4/5)
Wali Kota Malang H. Moch. Anton menjelaskan potensi yang dimiliki Kota Malang, Senin (4/5)

Dipimpin oleh Wali Kota Malang H. Moch. Anton, delegasi Kota Malang diterima secara langsung oleh Wakil Menteri Ekonomi Bulgaria, Lyuben Petrov di Hotel Marinela, Kota Sofia, Bulgaria, Senin (4/5).

Dihadapan Wakil Menteri Ekonomi Bulgaria dan para pejabat Pemerintah Bulgaria serta para pengusaha Bulgaria, Wali Kota Malang yang akrab disapa Abah Anton itu menegaskan bahwa Kota Malang sangat prospektif untuk investasi dan kerjasama dagang maupun budaya.

“Kota Malang dikenal sebagai Kota Pendidikan, maka kerjasama riset hingga pertukaran pelajar dan budaya sangat terbuka luas. Bahkan sebagai Kota Jasa dengan hampir di 57 kelurahan terdapat produk unggulan, diharapkan memberi daya pikat kerjasama, baik itu secara institusional pemerintahan maupun secara langsung dari para pelaku usaha diantara kedua negara (khususnya Kota Malang dengan salah satu kota di Bulgaria_red),” ajak Abah Anton, Senin (4/5).

Sementara itu Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Bunyan Saptomo yang kemarin ikut mendampingi Wali Kota Malang dalam pertemuan bisnis tersebut menegaskan, salah satu program KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Bulgaria adalah getol mengenalkan potensi yang dimiliki Indonesia, termasuk potensi yang tersebar di kota/kabupaten Indonesia yang terkadang tak sempat dilirik.

“Karenanya bekerjasama dengan Kemenperindag RI, KBRI Bulgaria membuka House of Indonesia di Varna, Bulgaria sebagai wadah Business Forum dengan menghadirkan salah satunya Kota Malang sebagai kota yang diharapkan mampu menarik minat pemerintah dan pengusaha Bulgaria,” jelas Bunyan disela-sela pertemuan delegasi Kota Malang dengan para pengusaha Bulgaria di Sofia, Senin (4/5).

Menanggapi yang disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Bulgaria Bunyan Saptomo tersebut, Wali Kota Malang yang berlatar belakang pengusaha itu menambahkan, forum yang dimaksud tersebut diharapkan mampu dijadikan one on one business matching. (hms/yon)

You may also like

Skip to content