Berita

Jelang Lebaran, BI Malang Siapkan Rp 3,5 Triliun

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, salah satu tradisi warga masyarakat kita yang tidak bisa dihilangkan yaitu mencari dan menukarkan uang baru yang bahkan sampai rela antre berjam-jam di tempat penukaran uang seperti contohnya di bank.

Kepala Kantor BI Malang, Dudi Herawadi (kanan) memaparkan kesiapan BI Malang menjelang Lebaran, Kamis (25/6)
Kepala Kantor BI Malang, Dudi Herawadi (kanan) memaparkan kesiapan BI Malang menjelang Lebaran, Kamis (25/6)

Terkait hal itulah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang sudah menyiapkan dana sekitar Rp 3,5 triliun untuk menghadapi Lebaran tahun ini. Saat ini setengah dari jumlah itu sudah siap dan sisanya menunggu sambil berjalan.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Malang, Dudi Herawadi, kepada wartawan, Kamis (25/06). Menurutnya, uang sejumlah Rp 3,5 triliun itu tidak hanya untuk penukaran uang baru, akan tetapi untuk menopang semua kebutuhan transaksi kegiatan pembayaran.

“Penukaran uang baru ini, akan dimulai pada tanggal 6-16 Juli 2015. Kami himbau warga masyarakat agar tidak semua menukarkan uang barunya ke BI Malang, tapi juga bisa ke bank-bank umum dan BPR (Bank Perkreditan Rakyat_red). Dengan demikian tidak terjadi antrean yang mengular di BI pada tanggal-tanggal itu,” imbuh Dudi.

Di Malang ada 32 bank, jika setiap bank mempunyai tiga sampai empat outlet, maka akan sangat banyak kantor-kantor bank yang bisa dijadikan tempat penukaran uang baru. “Maka dari itu, warga masyarakat tidak harus ke BI semua,” tegas Dudi. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content