Artikel

Ajarkan Cinta Tanah Air Melalui Parade Muharam

Memeriahkan kehadiran bulan Muharam, Madrasah Terpadu (MAN 3 Malang, MTsN Malang 1, dan MIN Malang 1) menggelar kegiatan unik dengan menggelar Parade Muharam. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Drs. Imron, M.Ag membuka langsung kegiatan yang diikuti oleh 3.000 peserta ini, Sabtu (10/10).

Parade Muharam yang diikuti para murid Madrasah Terpadu, Sabtu (10/10)
Parade Muharam yang diikuti para murid Madrasah Terpadu, Sabtu (10/10)

Kepala MAN 3 Malang, Dra. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd mengatakan bahwa Parade Muharam ini digelar untuk menyambut Tahun Baru 1437 Hijriah. Selain itu juga diintegrasikan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang akan jatuh pada 28 Oktober mendatang.

“ Karena itulah tema yang diangkat adalah Dengan Semangat 1 Hijriah dan Sumpah Pemuda Kita Wujudkan Generasi Muda yang Cinta Tanah Air dan Berakhlak Mulia”, Sabtu (10/10).

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menanamkan kepada siswa agar mengingat Tahun Baru Islam sekaligus mencintai Indonesia. Dengan jalan ini diharapkan siswa tidak sampai dimasuki paham- paham yang bisa memecah belah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia_red) seperti halnya paham radikalisme.

Tidak heran jika pagi itu di sepanjang JL. Bandung dan sekitarnya dipenuhi dengan beragam kostum perjuangan umat Islam dan pahlawan. Setelah berpawai, para siswa mengikuti beragam kegiatan diantaranya lomba akustik, akapela Islami, yel-yel semangat nusantara, karya tulis ilmiah Islami, dan sebagainya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Drs. Imron, M.Ag dalam sambutannya berharap dengan digelarnya Parade Muharam ini bisa menumbuhkan semangat heroisme seluruh siswa terhadap agama dan bangsa. “Kami harap madrasah dapat terus meningkatkan kualitas dan bisa terus melahirkan pemikiran- pemikiran kreatif dan inovatif,” ucap Imron. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content