Berita

Ahli Hukum Indonesia Bahas Penegakan Hukum Hadapi Era MEA

Sukun, MC – Bertekad memberikan sumbangsih pemikiran untuk memajukan Indonesia, Fakultas Hukum Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) melakukan terobosan dengan menggelar Seminar Nasional Analisis Kebijakan Politik Hukum Dalam Upaya Penegakan Hukum di Indonesia Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di Gedung Multikultura Unikama, Senin (30/11).

Seminar Nasional Analisis Kebijakan Politik Hukum Dalam Upaya Penegakan Hukum di Indonesia Menghadapi Era MEA di Gedung Multikultura Unikama, Senin (30/11)
Seminar Nasional Analisis Kebijakan Politik Hukum Dalam Upaya Penegakan Hukum di Indonesia Menghadapi Era MEA di Gedung Multikultura Unikama, Senin (30/11)

Rektor Unikama Dr. Pieter Sahertian, M.Si menyampaikan, suka tidak suka, mau tidak mau pada akhir Desember 2015 bangsa Indonesia menjalani MEA. Itu berarti berbagai macam produk luar negeri bisa masuk ke Indonesia termasuk juga produk hukum.

“Saat ini ada delapan sektor profesi yang bisa masuk ke Indonesia di akhir Desember 2015 nanti. Agar bangsa ini tidak kalah bersaing, Indonesia harus menyiapkan sumber daya manusianya sebaik mungkin,” kata Pieter, Senin (30/11).

Selain bisa menjadi ancaman, Pieter menjelaskan akan ada banyak sekali peluang yang bisa dimanfaatkan bangsa Indonesia saat memasuki era MEA. Termasuk diantaranya adalah di bidang pariwisata, medis, akuntan, dokter gigi, arsitektur, dan lain-lain.

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum Unikama, Miya Savitri, S.Pd, M.Hum mengatakan kegiatan ini digelar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang ada di berbagai perguruan tingi di Indonesia. Di usianya yang ke-13, FH Unikama ingin memiliki kontribusi yang besar dalam berbagai produk hukum di Indonesia. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content