Berita

Timor Leste Jalin Kerjasama Dengan FISIP UB

Lowokwaru, MC – Pemerintah Timor Leste melalui Menteri Koordinator Administrasi Negara dan Hukum, Dioniso Soares Babo melakukan penandatanganan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) Malang di Auditorium FISIP UB, Senin (21/12).

Penandatanganan Mou antara UB dengan Timor Leste, Senin (21/12)
Penandatanganan Mou antara UB dengan Timor Leste, Senin (21/12)

Dioniso mengungkapkan selama ini pihaknya sudah sering bekerjasama dengan UB. Dan salah satunya adalah kerjasama kali ini yang bertujuan untuk peningkatan dan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Timor Leste.

“Tidak hanya di UB, mahasiswa asal Timor Leste juga banyak menempuh pendidikan di Malang dengan biaya dari negara,” jelas Dioniso, Senin (21/12).

Untuk mempercepat pembangunan di Timor Leste, menurut Dioniso peningkatan SDM mutlak diperlukan. Harapannya, dengan menempuh studi di Malang nantinya saat para mahasiswa asal Timor Leste lulus bisa memberikan sumbangsih untuk negaranya.

Tidak hanya di bidang sosial politik, Dioniso menjelaskan mahasiswa Timor Leste yang belajar di Malang juga mempelajari terkait ilmu pertanian, baik on farm maupun off farm, dan juga di bidang teknik.

Dengan adanya program peningkatkan SDM yang terus digalakkan, Dioniso berharap ke depan bisa semakin mengikis keberadaan masyarakat miskin di Timor Leste. Dimana saat ini sebagian besar masyarakat miskin di Timor Leste banyak tinggal di desa-desa.

Sementara itu Rektor UB Prof. Dr. Ir. M. Bisri, MS mengaku senang dengan adanya MoU (Memorandum of Understanding_red) yang telah terjalin antara FISIP UB dengan Timor Leste. Ia berharap semoga ke depan kerjasama ini bisa ditingkatkan lagi sehingga bisa semakin meningkatkan hubungan UB dengan Timor Leste dan juga dengan negara-negara lainnya. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content