Berita

Delegasi RRT Kagum Dengan Iklim Kota Malang

Klojen, MC – Kota Malang kembali menarik perhatian negara sahabat yaitu Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Kali ini dalam kunjungannya ke Kota Malang, delegasi RRT menggandeng Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang untuk dapat bekerjasama di Kota Malang.

Walikota Malang H. Moch. Anton memberikan sambutan kepada rombongan dari RRT, Kamis (25/2)
Walikota Malang H. Moch. Anton memberikan sambutan kepada rombongan dari RRT, Kamis (25/2)

Delegasi RRT tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Malang H. Moch. Anton di Ruang Rapat Wali Kota Malang, Kamis (25/2). Hadir pula Asisten Administrasi Pembangunan Setda Kota Malang, Kepala Dinas Pertanian Kota Malang, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang.

Maksud dan tujuan pelaksanaan kunjungan tersebut adalah untuk meningkatkan kerjasama antara Pemkot Malang dengan RRT di bidang pertanian. Open University RRT berencana untuk menanam buah stroberi dan blueberry di Kota Malang karena cuaca dan struktur tanah yang bagus.

Adapun delegasi yang berjumlah delapan orang tersebut terdiri dari Drs. Masduki, M.Si, Drs. Wiyono, MM selaku Kadiv. Kerjasama DPPM UMM, Hendra Kusuma, SE selaku Kadiv. UMKM DPPM UMM, Tonny Dian Efendy, S.Sos, M.Si, Pan Hanliang, Senior Enginering Open University RRT, Wan Xiaoming, President Xiamen Runde Yuan Investment Corporation, Pan Yuxin, Director Laboratory of Tropical Medical Plants Resource, Tropical Corps Genetic Resource Institute, Chinese Academy Of Tropical, dan Zheng Guohui, Vice President Xramen Runde Yuan Investment Corporation.

Menurut Abah Anton, sapaan akrab Wali Kota Malang H. Moch. Anton, sebenarnya kerjasama ini tidak hanya di bidang pertanian saja, namun juga infrastruktur yang mungkin bisa diterima oleh RRT. “Kami tidak menutup kemungkinan akan ada kerjasama di bidang lain nantinya,” jelasnya, Kamis (25/2).

“Untuk kerjasama bidang herbal, pihak RRT akan mengadakan penelitian terlebih dahulu dan tanaman herbal apa yang bisa dikembangkan di Kota Malang. Setelah itu, nantinya mereka akan berinvestasi di Kota Malang, dan ini sangat luar biasa,” imbuh Abah Anton.

Sementara itu, Pan Hanliyang mengatakan jika pihaknya datang ke Kota Malang sekalian untuk belajar berbagai hal. Sedangkan untuk bidang pertanian, dia merasa tertarik dengan iklim dan kesuburan tanah di Kota Malang. Disini banyak pohon-pohon aneh yang tumbuh. maksudnya banyak tumbuhan unik yang tidak ditemui di daerah lain, termasuk RRT. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content