Berita

Rumkit Abd. Saleh Malang Menuju Akreditasi 2016

Area lapangan Rumah Sakit (Rumkit) dr. M. Munir Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh dipenuhi oleh anggota Lanud Abd. Saleh untuk menyaksikan acara lomba Hands Hygiene Dance diiringi dengan musik dan gerakan joget. Acara tersebut diikuti oleh sembilan kelompok yang masing-masing mewakili setiap unit yang ada di Rumkit Lanud Abd. Saleh.

Peserta Hand Higyene Dance unjuk kebolehan di depan penonton di Lapangan Rumkit Dr Munir Lanud Abd Saleh, Selasa (23/2)
Peserta Hand Higyene Dance unjuk kebolehan di depan penonton di lapangan Rumkit Lanud Abd Saleh, Selasa (23/2)

Kegiatan ini bukanlah dalam rangka peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) se-Dunia yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober, tetapi Rumkit Lanud Abd. Saleh mengadakannya dalam rangka Akreditasi Rumkit Tahun 2016.

Sebelum acara lomba dimulai, Kepala Rumkit dr. M. Munir Lanud Abd. Saleh, Letkol Kes. dr. Ari Putriani, Sp.PK terlebih dahulu memberikan sambutan dan mengatakan bahwa lomba Hand Hygiene Dance ini diadakan selain dalam rangka Akreditasi Rumkit tahun 2016, juga untuk mengingatkan serta memberi pengetahuan tentang cara mencuci tangan yang benar sesuai prosedur bagi anggota Rumkit Lanud Abd. Saleh dalam menghadapi pasien dan kehidupan sehari-hari.

Seluruh kelompok yang terdiri dari enam hingga delapan orang tersebut mengenakan berbagai kostum unik yang menjadi persyaratan tata tertib lomba. Gerakan yang ditampilkan pun harus sopan dengan iringan musik. Para peserta juga harus melaksanakan enam langkah hands hygiene dengan hands scrub sesuai standar World Health Organization (WHO).

Kriteria penilaian berdasarkan pada enam langkah gerakan cuci tangan yang dilakukan secara tepat dan sesuai dengan urutan, kekompakan gerakan, dan kreativitas para staf. Para peserta dari setiap unit menampilkan gerakan cuci tangan sesuai dengan enam langkah utama yang dimodifikasi dalam bentuk tarian yang diiringi lagu.

Lomba ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi cuci tangan dengan cara tepat kepada seluruh insan rumah sakit sebagai cara yang mudah, efektif dan efisien dalam mencegah dan mengendalikan penularan virus.

Tim penilai yang terdiri dari Kepala Rumah Sakit dr. M. Munir Lanud Abd Saleh Letkol Kes dr. Ari Putriani, Sp.PK, Kepala Progam Lanud Abd. Letkol. Adm. Indriyati, dan Bapak Awan dari Rumah Sakit Islam Unisma Malang memutuskan sebagai juara pertama adalah kelompok nomor tiga dengan jumlah nilai 975 dari Unit Poliklinik Garuda, selanjutnya untuk juara kedua diraih oleh kelompok nomor dua dengan jumlah nilai 969 dari Unit IGD, dan sebagai juara ketiga diraih oleh kelompok nomor delapan dengan jumlah nilai 964 dari Ruang Boegenfil Rumkit Lanud Abd. Saleh.

Peserta yang berhasil meraih juara masing-masing mendapat hadiah uang pembinaan dan satu paket tempat plastik higienis yang diserahkan langsung oleh Kepala Rumkit Lanud Abd. Saleh.  Ia juga memberikan cendera mata kepada para juri yang telah ikut berpartisipasi memberikan penilaian bagi para peserta lomba. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content