Berita

Untuk Bisa Bersaing, Bangsa Indonesia Jangan Hanya Konsumtif

Lowokwaru, MC – Bangsa Indonesia harus terus berusaha meningkatkan pengetahuan dan berinovasi untuk bisa bersaing dengan bangsa lain. Untuk bisa menjadi bangsa yang unggul kita tidak bisa hanya mengandalkan dari sektor sumber daya alam saja. Itulah yang diungkapkan Prof. Dr. Ilham Habibie di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu (30/4).

Ilham Habibie saat menjadi pembicara di Muhammadiyah Education Awards 2016, Sabtu (30/4)
Ilham Habibie saat menjadi pembicara di Muhammadiyah Education Awards 2016, Sabtu (30/4)

Menjadi salah satu pembicara dalam Muhammadiyah Education Awards 2016, Ilham menekankan ekonomi Indonesia di masa depan harus berkembang berdasarkan pengetahuan dan inovasi. Karena itu keberadaan penelitian, pengembangan dan aplikasinya harus terus dipacu.

“Indonesia tidak boleh terus konsumtif dan hanya mengandalkan sumber daya alam. Untuk bisa maju, bangsa ini harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki,” tegas Ilham, Sabtu (30/4).

Bagi Ilham, ekonomi di Indonesia harus berbasis pengetahuan, terpadu secara regional, kompetitif secara global, ekonomi terbuka tetapi tetap berpihak kepada rakyat dan berkarakter hijau biru. Hijau bermakna ekologis, biru merujuk kepada kemaritiman.

Ada empat hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai potensi yang maksimal di masa depan, yaitu berinvestasi human capital, berinvestasi sains dan teknologi, meminimalkan kemiskinan, dan mendukung inovasi kewirausahaan.

Selain Ilham, dalam gelaran ini juga dihadiri beberapa pakar lain. Diantaranya Konsulat Jenderal Amerika Serikat untuk Jawa Timur, Heather Variava, pengamat Muhammadiyah dari University of Singapore Dr. Azhar Ibrahim Alwee, Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. H. Haedar Nashir, M.Si. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content