Berita

Berprestasi, Perwakilan Kemendagri Kunjungi Glintung Go Green

Blimbing, MC – Gerakan Menabung Air (Gemar) di kampung Glintung Go Green (3G) masuk 15 besar nominator Guangzhou International Award for Urban Innovation. Atas raihan prestasi itu secara khusus Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI mengirim utusannya untuk melihat langsung ke Glintung yang berada di Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang , Jumat (21/10).

Utusan dari Kemendagri meninjau Glintung Go Green
Utusan dari Kemendagri meninjau Glintung Go Green

Dipimpin oleh Drs. Saprizal, M.Si (Direktur Penataan Daerah, Otsus dan DPOD Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri), rombongan diajak berkeliling ke kampung Glintung. Utusan Kemendagri ini dibuat terkesan dengan kerja keras masyarakat Glintung yang mampu merubah kampungnya yang semula kurang tertata menjadi menjadi kampung yang indah dan tertata rapi.

Saprizal mengungkapkan, setelah melihat langsung dan mempelajari foto-foto awal kondisi kemudian melihat langsung kondisi sekarang, ia mengungkapkan kampung Glintung memang luar biasa.

“Melihat bagaimana masyarakat Glintung membangun daerahnya saya semakin optimis bagaimana Indonesia ke depan. Bagaimana dari Kota Malang bisa menjadi percontohan di tingkat nasional,” jelas Saprizal, Jumat (21/10).

Bagusnya program pemberdayaan masyarakat di Glintung diakui Saprizal akan dijadikan model bagaimana pembangunan perkampungan di Indonesia.

Ketua RW R3 Kelurahan Glintung, Bambang Irianto mengatakan, perkembangan Glintung memang sepertinya biasa-biasa saja bagi warga sekitar yang setiap harinya tinggal di RW 23. Tetapi bagi orang luar, kampung Glintung adalah kampung yang benar-benar istimewa.

“Setelah sukses masuk nominasi Guangzhou International Award for Urban Innovation 2016, kampung Glintung saat ini terus berbenah. Rencananya 10 November 2016 nanti di kampung ini akan menggelar kegiatan urban farming dengan gaung skala nasional,” ungkap Bambang. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content