Berita Lansia

Wakil Wali Kota Malang Sampaikan Pentingnya Penguatan Pendamping Lansia

Malang, (malangkota.go.id) – Agar para lanjut usia (lansia) terlayani dengan baik, salah satunya ditentukan oleh para tenaga pendamping yang profesional. Sehingga para pendamping ini harus dibekali berbagai ilmu dan keterampilan, agar mereka juga dapat menjalankan tugas serta tanggung jawabnya dengan baik.

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan pentingnya pembekalan bagi pendamping lansia

Hal itu yang disampaikan Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko saat menjadi pemateri bimbingan teknis home care bagi pendamping lanjut usia di Hotel Grand Cakra Kota Malang, Senin (7/11/2022). Menurutnya, meski para pendamping ini sebelumnya sudah mendapat pembekalan, namun tantangan kedepan tidak mudah karena jumlah lansia terus bertambah.

Ditambahkan pria berkacamata itu, maka harus dipersiapkan berbagai hal agar mampu dan meningkatkan layanan pendampingan. Harapannya lansia bisa lebih diperhatikan dan terwujud suatu kebahagiaan. “Dari sebuah pendampingan, maka akan ada ilmu yang didapat berupa keterampilan sehingga menjadi lansia yang produktif, mandiri dan sehat,” urainya.

Peran pendamping ini, terang pria yang juga kerab disapa Bung Edi itu sangat penting karena mereka memberi layanan. Kalau lansianya masih sehat dan bisa diajak komununikasi itu mending. Tapi jika lansia sakit, maka membutuhkan kesabaran, keterampilan dan penanganan intensif. “Maka di sinilah dibutuhkan penguatan bagi para pendamping lansia ini,” paparnya.

Bung Edi juga mencontohkan, seperti halnya ketika mengantar makanan ke lansia itu tidak seperti mengantar makanan ke orang pada umumnya.  Seorang pendamping membutuhkan sebuah komunikasi dan interaksi. “Melalui bimbingan teknis ini maka ke depan diharapkan akan terlahir para lansia yang mandiri sehat dan produktif,” ungkapnya.

Dari data Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang saat ini di Kota Malang ada sekitar 90.631 orang lansia. Namun yang terdaftar 30.171 orang. Sehingga ke depan dibutuhkan pendataan yang lebih intensif lagi. Sedangkan para pendamping lansia yang mengikuti bimbingan teknis kali ini sebanyak 100 orang. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content