Berita

Gandeng BPJS Ketenagakerjaan, TPJK Kota Malang Gelar Sosialisasi Peningkatan Budaya K3

Blimbing, MC – Tim Pembina Jasa Konstruksi (TPJK) Pemerintah Kota Malang bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) Cabang Malang menyelenggarakan Sosialisasi Peningkatan Budaya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Dalam Pembangunan Infrastruktur di Kota Malang di di Ruang Paramount Hotel Atria Malang, Rabu (23/11).

Kepala Bagian Pembangunan Setda Kota Malang Drs. Widjaja Saleh Putra
Kepala Bagian Pembangunan Setda Kota Malang Drs. Widjaja Saleh Putra

Peserta terdiri dari 110 orang yang terdiri dari PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) yang menangani pekerjaan konstruksi di Kota Malang, Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang, anggota Tim Pembina Jasa Konstruksi Pemerintah Kota Malang, serta undangan dari perwakilan penyedia Jasa Konstruksi di Kota Malang.

Sosialisasi ini menghadirkan dua narasumber yaitu Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Malang Sulistijo N. Wirjawan yang membawakan materi tentang penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan pada sektor usaha jasa konstruksi serta dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Malang Ir. R. Malikus Prihantoro yang menyampaikan materi terkait Sistem Manajemen K3 pada bangunan gedung.

Asisten Administrasi Pembangunan Setda Kota Malang Ir. Budi Herwanto, M.Si yang membacakan sambutan Wali Kota Malang H. Moch. Anton mengatakan jika beberapa kasus terjadinya kecelakaan di tempat kerja sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. “Oleh karenanya perlu ditanamkan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja merupakan bentuk kebutuhan utama karyawan dalam menjalankan aktivitas kerjanya, termasuk dalam melakukan pekerjaan konstruksi,” jelasnya.

Para pelaku konstruksi, lanjutnya, baik itu penyedia jasa maupun pengguna jasa harus benar-benar memahami akan pentingnya K3. “Karena kecelakaan kerja tidak hanya dapat menimpa para pekerja, akan tetapi dapat pula menimpa pihak–pihak lain yang tidak terlibat dalam pekerjaan tersebut,” imbuhnya.

Melalui kegiatan ini, harapannya materi yang disampaikan kepada para peserta bisa diterima dan dipahami dengan baik sehingga nantinya bisa disebarluaskan dan diterapkan di semua perusahaan jasa konstruksi di Kota Malang. (yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content