Berita

Full Day School Bukan Hal Baru di Kota Malang

Klojen, MC – Sistem belajar full day school yang dicetuskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI ternyata sudah diterapkan di beberapa sekolah di Kota Malang. Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM mengatakan bahwa sistem full day school sebenarnya bukan hal yang baru bagi dunia pendidikan di Kota Malang.

Kepala Disdik Kota Malang Dra. Zubaidah, MM saat memberikan keterangan kepada awak media

“Untuk sekolah-sekolah negeri di Kota Malang, baik SD maupun SMP sudah menerapkan full day school mulai hari ini,” jelas Zubaidah, Senin (16/1).

Zubaidah menyebutkan sistem full day school diadopsi sekolah-sekolah di Kota Malang sebab sistem ini dinilai tepat dengan perkembangan zaman dan harapannya anak-anak bisa belajar lebih maksimal di sekolah.

“Dalam sistem full day school anak-anak belajar secara maksimal di sekolah. Sepulang sekolah mereka juga bisa langsung beristirahat. Sebab sistem full day school tidak diperkenankan adanya pekerjaan rumah (PR),” terang Zubaidah.

Masa istirahat yang cukup selama dua hari yakni pada hari Sabtu dan Minggu, anak-anak bisa lebih segar dan bugar saat kembali masuk sekolah. Demi kelancaran pelaksanaan sistem full day school bisa lebih optimal, berbagai program sosialisasi pun terus dilakukan secara berkesinambungan.

Salah satu siswa SDN Model Kota Malang, Dafa Ghaitsa Yogatama mengaku tidak masalah di sekolahnya menerapkan sistem full day school. Dikatakannya, selama ini di SD Model juga sudah full day school, sebab seminggu masuk lima kali, sedangkan Sabtu dan Minggu libur.

Full day school enaknya tidak ada PR, jadi dari rumah bisa langsung main lagi. Jika sudah capek langsung tidur, tidak banyak mikir-mikir mengerjakan PR,” kata Dafa. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content