Berita

Lomba Inotek Kota Malang Kembali Digelar

Klojen (malangkota.go.id) – Dalam rangka meningkatkan percepatan pembangunan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) melalui penggalian inovasi teknologi dan sumberdaya IPTEK, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang kembali menggelar Lomba Inovasi Teknologi Kota Malang Tahun 2017.

Total hadiah sebesar 60 juta rupiah telah disiapkan untuk para pemenang. Adapun rangkaian lomba dimulai dari tanggal 11 Maret-11 April untuk proses pendaftaran, 11 Maret-15 April 2017 untuk proses penjurian, pengumuman pada 18 Mei 2017, dan diakhiri pameran event Apeksi pada 10 Juli 2017, dan penganugerahan Inovasi Teknologi Kota Malang pada 10 Agustus 2017 yang bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas).

Inovasi teknologi yang dimaksud adalah suatu proses pengembangan dan atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis, nilai dan konteks ilmu pengetahuan baru, cara atau metode baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka pemenuhan kebutuhan, kelangsungan dan peningkatan mutu kehidupan manusia. Inovasi teknologi dapat berupa penelitian, pengembangan, demonstrasi dan penyebaran yang mengarah pada pengembangan Iptek.

Kepala Barenlitbang Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH mengatakan, pendaftaran lomba ini tanpa dipungut biaya alias gratis. Lomba Inotek terbagi dalam empat bidang yaitu Bidang Agribisnis, Bidang Lingkungan Hidup, Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Bidang Energi. Sedangkan peserta lomba adalah individu/kelompok/tim.

“Lomba ini diperuntukkan kepada seluruh warga masyarakat Kota Malang dan inovasi yang dilombakan belum pernah mendapatkan juara dalam lomba manapun. Masyarakat Kota Malang yang ingin mengikuti Lomba Inovasi Teknologi Kota Malang Tahun Anggaran 2017 bisa mendaftar secara online dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan informasi lebih lanjut di http://inotek.malangkota.go.id,” terang Wasto.

Para inovator yang terpilih sebagai pemenang akan diikutkan pada Lomba Inotek tingkat Provinsi Jawa Timur dan juga event nasional. “Inotek adalah jembatan menuju Indonesia kreatif dan inovatif,” kata Donny Darmawan, anggota tim Potret, pemenang juara II Inotek 2016 Bidang Energi. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content