Berita

SMAN Taruna Nala, Sekolah Berbasis Taruna Angkatan Laut

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Diresmikannya SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu (3/6) tidak hanya membuat para anak didik semakin percaya diri dalam menimba ilmu. Para orang tua yang telah mempercayakan pendidikan putra putrinya di sekolah ini juga semakin bertambah bangga.

Gubernur Jawa Timur secara simbolis menyematkan topi kebanggaan SMAN Taruna Nala

Hal itu terlihat saat para siswa SMAN Taruna Nala mengikuti prosesi peresmian, beberapa orang tua siswa tampak mengabadikan momen menggunakan smartphone mereka dan juga ada yang berteriak memanggil anaknya seraya melambaikan tangan.

Lilis Suryanti, salah satu orang tua siswa SMAN Taruna Nala mengaku sangat bangga putranya bisa bersekolah di SMAN Taruna Nala. Selain sang anak jadi lebih mandiri, menurutnya berbagai prestasi juga akan dapat diraih oleh anaknya.

Di kejuaraan catur, putri Lilis yang bernama Galuh Ayu Wijayanti itu beberapa kali meriah prestasi berprestasi. “Baru-baru ini anak saya meraih prestasi di lomba Putri Kartini,” ungkap Lilis, Sabtu (3/6).

Siswa SMA Negeri Taruna Nala selain dibekali dengan mata pelajaran berbasis Kurikulum 2013, juga pengembangan Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman. Ini membuat para orang tua semakin yakin saat sang anak lulus ke depan sudah tidak bingung lagi menentukan arah.”

“Saya juga tidak khawatir anak salah dalam bergaul, sebab dengan pengawasan yang baik dari guru, serta sarana dan prasarana lengkap di sekolah jelas membuat anak-anak bisa fokus untuk belajar,” terang Lilis.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam sambutanya mengatakan, SMAN Taruna Nala merupakan pemecahan dari SMA Negeri 10 Malang. SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur bekerjasama dengan TNI AL berdasarkan atas kesepakatan Piagam Kerja Bersama (PKB) yang ditandatangai oleh Gubernur Jawa Timur dan KASAL (Kepala Staff Angkatan Laut) serta Penandatanganan Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh Kadiknas Provinsi dan Kodiklatal.

Sekolah ini adalah SMAN pertama yang berbasis taruna yang berasrama. “Asramanya sangat bagus, seperti hotel bintang tiga. Saya khawatir tarunanya tertidur terus,” canda Pakdhe Karwo, demikian Gubernur Jatim itu biasa disapa.

Soekarwo menambahkan, salah satu misi dari Pemprov Jawa Timur adalah menjadikan generasi muda Indonesia hebat, serta mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berakhlak mulia.

Melalui kualitas pendidikan yang inovatif dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, diharapkan para siswa bisa meraih cita-cita yang diinginkan serta menjadi pemimpin masa depan yang religius, kompeten, bermoral Pancasila, berwawasan global dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional. Sesuai dengan nama Nala yang diambil dari nama Laksamana Nala, seorang panglima perang yang berjuang di wilayah lautan pada era Kerajaan Majapahit, kegigihannya patut dijadikan contoh tauladan bagi para siswa untuk menggayuh masa depan. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content