Berita

Edukasi Masyarakat, Dinkes Gelar Sarasehan Penanggulangan HIV/AIDS

Klojen (malangkota.go.id) – Dinas Kesehatan Kota Malang menggelar Sarasehan Penanggulangan HIV/AIDS yang mengangkat tema ‘Saya Berani, Saya Sehat’ dan subtema ‘Saya Lindungi yang Tersayang dari HIV di Same Hotel Malang, Selasa (28/11).

Sarasehan Penanggulangan HIV/AIDS Kota Malang berlangsung gayeng

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten Perekonomian Setda Kota Malang Ir. Diah Ayu Kusuma Dewi, MT, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Husnul Muarif, dan dua pemateri dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) pusat. Sedangkan peserta yang dihadirkan adalah dari dari TP PKK se-Kota Malang dan beberapa LSM terkait yang berjumlah 125 orang.

Asisten Perekonomian Setda Kota Malang Ir. Diah Ayu Kusuma Dewi, MT dalam sambutannya menyambut baik kegiatan kali ini sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat terkait upaya penanggulangan HIV/AIDS dengan cara memberikan pemahaman pencegahan HIV/AIDS dengan melakukan tes HIV yang kemudian dilanjutkan dengan cara pengobatan ARV (antiretroviral) jika terdiagnosa HIV sedini mungkin.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mencegah serta menanggulangi HIV/AIDS dan PIMS (Penyakit Infeksi Seksual Menular),” imbuh Diah Ayu.

Karena itu, lanjutnya, Pemerintah Kota Malang akan terus berupaya meningkatkan kepedulian masyarakat untuk memahami pentingnya melakukan tes HIV dan pengobatan ARV bagi ODHA (orang dengan HIV-AIDS) secara dini.

Dari upaya itulah diharapkan dapat menormalisasi isu HIV/AIDS dan berpengaruh terhadap persepsi masyarakat yang lebih positif sehingga dapat menurunkan stigma dan diskriminasi. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content