Berita

Pengelolaan Sampah di Kota Malang Tarik Minat Pemkab Musi Rawas

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang menerima kunjungan kerja dari Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (6/3). Kunjungan kerja ini diterima oleh  Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH di Ruang Sidang Balaikota Malang.

Sekda Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH memberikan cinderamata kepada ketua rombongan Pemkab Musi Rawas Syaiful Anwar Ibna

Rombongan dari Kabupaten Musi Rawas yang terdiri dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Rawas serta pejabat di lingkungan Pemkab Musi Rawas itu dipimpin oleh Asisten II Ekonomi dan Pengembangan Syaiful Anwar Ibna.

Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada pejabat Pemkab Musi Rawas, sekaligus menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dengan menjadikan Kota Malang sebagai tujuan kunjungan kerja.

“Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur yang memiliki luas wilayah 110,06  kilometer persegi. Kota Malang memiliki jumlah penduduk lebih kurang 905.542 jiwa serta pendatang berjumlah sekitar 300.000 jiwa. Secara administratif Kota Malang terbagi menjadi lima kecamatan dan memiliki 57 kelurahan,” terang Wasto.

Sebagai kota yang sempit, lanjutnya, serta mempunyai jumlah penduduk yang padat, salah satu problem perkotaan yang menjadi fokus terkait adalah sektor persampahan. Sejak tahun 2011, Pemerintahan Kota Malang terlibat dalam Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang di fasilitasi olek Kementrian Pekerjaan Umum.

“Dalam mengelola sampah diperlukan adanya kepastian hukum, kejelasan tanggung jawab dan kewenangan pemerintahan daerah. Hal ini yang mendasari dikeluarkannya Perda No. 10 Tahun 2010 tentang Pengelolahan Sampah di Kota Malang,” jelasnya lagi.

Dari situlah, kata dia, terbentuk bank sampah yang difasilitasi oleh Pemerintah Kota Malang pada tanggal 17 Agustus 2011 dan beroperasi sejak 1 Oktober 2011. “Pemerintahan Kota Malang bersama kader lingkungan dan masyarakat berkomitmen untuk memajukan bank sampah yang memiliki motto ‘Pinjam Uang Nyicil Sampah dan Beli Sembako Bayar Sampah’,” ucapnya.

Pemerintah Kota Malang juga terus berupaya untuk mempercantik wajah Kota Malang. Semua itu dilakukan agar dapat menciptakan lingkungan yang bersih, indah, sejuk, sehat dan nyaman.

“Kota Malang memperoleh penghargaan Adipura Kirana dan Plakat Taman Terbaik Nasional Tahun 2016, pada tahun 2017 Kota Malang kembali meraih Adipura Kencana kategori Kota Besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan , serta Piala Adiwiyata yang diperoleh SMPN 15 , SMAN 2 dan SMAN 7 Malang,” pungkas Wasto. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content