Berita

Otonomi Award Ajang Tingkatkan Kinerja

Klojen (malangkota.go.id) – Evaluasi kinerja terhadap lima kecamatan di lingkungan Pemerintah Kota Malang dalam rangka pelaksanaan Otonomi Award Kecamatan dan Kelurahan di Kota Malang 2018 dilaksanakan di Ruang Sidang Balaikota Malang, Senin (4/6).

Kabag Pemerintahan Setda Kota Malang Dicky Haryanto, SH, MM saat memberikan sambutan

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Malang Dicky Haryanto, SH, MM mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kinerja aparatur pemerintahan Kota Malang. Secara teoritis, pelayanan pemerintahan harus semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pelayanan yang baik tidak hanya intansi induk, namun juga harus menyentuh hingga ke intansi di bawahnya, baik itu di kecamatan maupun kelurahan,” ungkap Dicky, Senin (4/6).

Dari penyelenggaraan Otonomi Award yang melibatkan unsur media dan juga akademisi ini diharapkan semakin memacu segenap jajaran di lingkungan Pemerintah Kota Malang untuk meningkatkan kinerjanya.

Panelis kegiatan otonomi award, Abdul Muntolib mengatakan bahwa kegiatan Otonomi Award ini adalah sudah yang keempat kalinya digelar bekerja sama dengan Radar Malang. Otonomi Award diikuti lima kecamatan dan 53 kelurahan yang ada di Kota Malang.

“Dari 57 kelurahan yang ada di Kota Malang, tahun ini yang ikut sebanyak 53 kelurahan, empat kelurahan tidak ikut kegiatan sebab sebelumnya sudah menjadi juara,” terang Tholib, panggilan akrab Abdul Muntolib.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH mengungkapkan bahwa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah  ditegaskan bahwa salah satu tujuan pelaksanaan otonomi daerah adalah bagaimana memindahkan sebagian besar kewenangan yang tadinya berada di pemerintah pusat kepada daerah otonom, sehingga pemerintah daerah otonom dapat lebih cepat dalam merespon tuntutan masyarakat daerah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

“Kegiatan ini adalah terobosan dari Pemerintah Kota Malang untuk meningkatkan kualitas aparatur birokrasi Kota Malang sekaligus mengembangkan pelayanan yang berorientasi kepentingan masyarakat,” ucap Wasto.

Sebagai daerah yang telah diberi otonomi untuk melaksanakan berbagai kewenangan, pemerintah kota malang tentu tidak mungkin menahan berbagai tugas pelayanan kepada masyarakat hanya di tingkat dinas atau pemerintah kota, karena ujung tombak pelaksanaan layanan kepada masyarakat bagaimana pun ada di tingkat kecamatan, dan bahkan kelurahan.

Terkait hal tersebut, Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto melakukan evaluasi kinerja terhadap lima Kecamatan yang ada di Kota Malang  untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan kecamatan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing kecamatan.

“Kegiatan pada pagi ini merupakan upaya untuk mengukur kinerja keseluruhan aktivitas pemerintahan di kecamatan dengan jalan melihat hasil capaian, dan proses dari aktivitas pembangunan dalam kurun waktu yang telah ditentukan” ujar Wasto. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content