Berita

Sutiaji Jabat Pelaksana Tugas Wali Kota Malang

Surabaya (malangkota.go.id) – Wakil Walikota Malang Drs. Sutiaji resmi menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Malang menggantikan Pjs Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT yang telah berakhir masa tugasnya.

Gubernur Jatim Soekarwo menyerahkan surat perintah tugas kepada Drs. Sutiaji

Pelantikan orang nomor dua di jajaran Pemerintah Kota Malang tersebut dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur H. Soekarwo, Sabtu (23/6).

Pada kesempatan ini menjadi momen resmi penyerahan jabatan dari Pjs Walikota Malang Wahid Wahyudi kepada Drs. Sutiaji.

Berdasarkan Surat Perintah Tugas dari Gubernur Jawa Timur Nomor: 131/614/011.2/2018 telah memerintahkan Sutiaji untuk menjalankan tugas dan wewenang Walikota Malang sebagaimana dimaksud dalam pasal 65 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Gubernur Jatim Soekarwo mengungkapkan bahwa setiap daerah tidak boleh mengalami kekosongan pemerintahan. Meskipun hari ini masih masuk hari terakhir kampanye namun besok tetap harus ada kepala daerah yang memimpin daerahnya.

Disampaikannya, hal ini karena sesuai aturan yang ada, masyarakat tidak dapat menunggu apabila membutuhkan kebijakan yang sifatnya mendesak.

“Untuk itu, acara ini dilaksanakan pada hari ini karena mempertimbangkan hal tersebut. Birokrasi harus tetap berjalan meskipun politiknya terus berganti-ganti,” tegas pria yang akrab disapa Pakdhe Karwo itu, Sabtu (23/6).

Ditambahkannya, kita harus belajar ke Singapura, dimana mantan kepala daerah ditempatkan pada posisi pembangunan yang strategis agar program antar satu kepala daerah dengan kepala daerah lainnya dapat terus berkesinambungan.

Pakdhe Karwo juga berpesan agar Plt Walikota Malang dapat sepenuhnya menjalankan tugas dengan baik.

Menanggapi hal tersebut, Sutiaji mengatakan bahwa prioritas tugas yang akan dilaksanakan adalah memastikan bahwa pelayanan publik di Kota Malang berjalan dengan baik, serta kinerja ASN di Pemerintah Kota Malang juga terus meningkat.

“Selain itu, masih banyak pekerjaan rumah yang selama masa jabatan kami ini harus segera diselesaikan, utamanya persoalan terkait Pasar Blimbing dan Pasar Gadang, karena hal tersebut nantinya akan kami pertanggungjawabkan dalam laporan LKPJ,” ucap Sutiaji.

Sementara itu Pjs Walikota Malang Wahid Wahyudi yang berakhir masa tugasnya menyampaikan rasa terima kasihnya karena selama menjabat sebagai Pjs Walikota Malang banyak mendapatkan dukungan dari Forkopimda Kota Malang dan seluruh jajarannya, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta masyarakat Kota Malang sendiri yang turut serta membangun dan menjaga ketenteraman serta ketertiban.

“Saya sangat betah dan kerasan berada di Kota Malang, karena Kota Malang adalah kota yang nyaman serta selalu kondusif,” tandasnya. (cah/yon)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content