Berita

Bekraf Sosialisasikan Kreatifood & Kreatifood X 2019

Klojen (malangkota.go.id) – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar Sosialisasi Kreatifood & Kreatifoof X 2019 di Hotel Harris Kota Malang, Selasa (2/4/2019).

Sosialisasi Kreatifood & Kreatifood X

Ratusan peserta antusias mengikuti kegiatan ini yang terdiri dari pelaku usaha kuliner, distributor, dan reseller. Turut hadir dalam acara ini Direktur Akses Non Perbankan, Deputi Akses Permodalan Bekraf, Syaifullah, Plt. Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri, Deputi Pemasaran Bekraf, Fahmy Akmal, Perwakilan dari FoodStartup Indonesia Bonnie Susilo, serta Anggota Komisi X DPR RI Lathifah Shohib.

Dalam sambutannya Syaifullah mengatakan bahwa data statistik menunjukan kuliner sebagai main contributor dalam GDP, hal ini nampak dari tingginya antusiasme para pelaku usaha kuliner yang mengikuti acara ini. Besar harapan peserta Demoday FSI 2019 yang terpilih nantinya berasal dari Malang.

“Tahun lalu Kreatifood juga sukses kami gelar di Kota Malang, karena itu tahun ini kami hadir kembali disini,” jelas Syaifullah, Selasa (2/4).

Syaifullah menambahkah, dari catatan distributor dan pelaku pemasaran produk kuliner, Malang memiliki potensi yang sangat besar. Karena itu dengan digelar lagi di Kota Pendidikan ini diharapkan ke depan bisa semakin banyak membawa manfaat.

“Keikutsertaan itu jangan sampai hanya pada saat pelaksanaan acaranya saja, tapi follow up dari acara ini, bertemu dengan investor, buyers, dan distributor, itu jauh lebih penting, sehingga ekosistem itu terbentuk setelah acara ini berlangsung, dengan begitu bisnis ini dapat terus berjalan,” tambah Syaifullah.

Pada Kreatifood tahun 2019 ini, diharapkan banyak produk yang dapat dieskalasi dari daerah ke nasional, bahkan menjadi skala global. “Jangan sampai ada suatu produk yang kira-kira kalau dikembangkan akan bagus, tapi tidak bisa menuangkannya ke dalam konsep bisnis, sehingga bisnisnya tidak berkembang,” imbuhnya lagi.

Kreatifood sendiri dimulai dari sebuah bazaar pada tahun 2016 yang diselenggarakan di Parkir Timur Senayan. Selanjutnya pada 2017, Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif mengusung dua tema besar, yaitu Kopi dan Soto, yang masing-masing dilaksanakan di Palembang dan Makassar. Barulah pada tahun 2018, Kreatifood berkolaborasi dengan FoodStartup Indonesia untuk mempertemukan para pelaku usaha kuliner dengan pelaku pemasar (reseller, distributor dan modern market). Dengan format yang sama dengan tahun sebelumnya, Kreatifood tahun ini menambahkan satu program baru yaitu Kreatifood X.

Kreatifood X diharapkan dapat memberikan akses bagi para pelaku startup kuliner Indonesia, masuk ke pasar global. Dalam kegiatan Kreatifood X nanti, Bekraf akan mengundang buyers, distributor dan reseller dari luar negeri. Kreatifood X sendiri diperuntukan bagi para pelaku startup kuliner yang telah memiliki skala produksi ekspor, walaupun tidak lolos kurasi FSI. Kreatifood 2019 rencananya akan dilaksanakan di Ciputra World, Surabaya pada 5-7 Juli 2019 dan terbagi ke dalam 5 zona (zonaready to eat, zona ready to drink, zona ingredients, zona food service, dan zona food innovation). (cah/yon)

Sumber: http://www.bekraf.go.id/berita/page/8/pelaku-kuliner-dan-pelaku-pemasaran-antusias-ikuti-sosialisasi-kreatifood-di-kota-malang

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content