Berita

Usai Dilantik, 40 Anggota DPRD Kota Malang Hasil PAW Dapatkan Bimtek

Klojen (malangkota.go.id) – Setelah dilantik, 40 anggota DPRD Kota Malang hasil Pergantian Antar Waktu (PAW) mendapat pendampingan dan pembekalan dari Kementerian Dalam Negeri RI. Hal ini mengingat para anggota DPRD tersebut langsung menjalankan tugas dan tanggung jawabnya setelah beberapa jam dilantik sehingga pemerintahan kembali normal dan citra DPRD sebagai wakil rakyat di parlemen kembali baik serta rakyat akan terlayani dengan baik juga.

Dirjen Otda Kemendagri RI Soni Sumamrsono saat memberikan keterangan

Pelantikan 40 anggota DPRD Kota Malang menjadi perhatian khusus Kementerian Dalam Negeri karena setelah terjadi kekosongan. Langkah cepat pun diambil Pemda Jawa Timur bersama jajaran terkait sehingga proses PAW dan pelantikan anggota dewan yang baru segera terlaksana.

Kemarin, Senin (10/09), beberapa jam pasca-pelantikan 40 anggota DPRD, Kemendagri melakukan pendampingan dan pembekalan dan para wakil rakyat ini langsung bekerja. Pembekalan ini untuk memberikan semangat dan frame dalam bekerja sehingga dalam bekerja berbeda dengan anggota DPRD yang sebelumnya, karena mereka mempunyai beban membangun citra baru.

Demikian beberapa hal yang disampaikan Dirjen Otda Kemendagri, Soni Sumarsono usai menghadiri pelantikan 40 anggota DPRD Kota Malang. Perilaku positif, kata dia, harus benar-benar ditunjukkan, karena SK dan pelantikannya sudah dipercepat.

“Pada bimtek ini diantaranya membentuk bamus, kelengkapan dewan, pengesahan fraksi-fraksi, rapat paripurna, konsultasi antar fraksi, dan semua itu harus selesai hari ini juga. Nantinya bimtek juga akan digelar di Kemendagri, dimana para pematerinya juga akan menghadirkan dari KPK,” tambahnya.

Pembekalan dan pendampingan ini menurut Soni sangat penting, karena DPRD Kota Malang menjadi prioritas dan menjadi perhatian khusus sehingga berbagai program percepatan dan penguatan sangat diperlukan. “Berbagai sistem kerja yang berbasis teknologi, seperti e-Planning dan e-Budgeting akan diberlakukan agar rakyat bisa turut mengontrol kinerja para anggota dewan ini,” ungkapnya.

Dengan adanya pendampingan dan pembekalan bagi 40 anggota DPRD yang baru dilantik ini Soni berharap agar para wakil rakyat ini nantinya dapat bekerja dan melayani warga masyarakat dengan baik. Disisi lain, kejadian serupa yang menimpa para anggota DPRD Kota Malang sebelumnya tidak terulang lagi di masa mendatang. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content