Berita

Capacity Building TPID se-Wilayah Kerja Kantor Perwakilan BI Malang

Klojen (malangkota.go.id) – Situasi yang kondusif menjadi kunci Jawa Timur semakin baik dalam melakukan pengendalian inflasi. Capain inflasi 2018 mendorong inflasi Jatim lebih rendah dibanding nasional, hal itu terungkap dalam Capacity Building Tim Pengandalian Inflasi Daerah (TPID) se-Wilayah Kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang yang digelar di Hotel Aria Gajayana, Senin (4/3).

Capacity Building TPID se-Wilayah Kerja Kantor Perwakilan BI Malang yang digelar di Hotel Aria Gajayana

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengungkapkan Pemerintah Kota Malang selama ini terus berupaya mengawal pengendalian inflasi agar tetap rendah dan stabil. Upaya ini tidak lepas dari dukungan  dan kerja sama Kantor Perwakilan Bank Indonesia melalui peran penting dalam forum TPID.

“Pencapaian inflasi di Kota Malang yang selama ini sudah sejalan dengan target sasaran nasional. Sepanjang tahun 2018, inflasi Kota Malang tercatat sebesar 2,98% (year over year). Inflasi tersebut berada dibawah realisasi inflasi nasional sebesar 3,13% (yoy) dan di bawah sasaran target inflasi Nasional 3,5% plus minus 1%,” jelas Sutiaji, Senin (4/3/2019).

Sebagai Ketua TPID Kota Malang, Sutiaji mengatakan sangat mengapresiasi upaya pengendalian inflasi melalui forum TPID Kota Malang yang merupakan hasil koordinasi dan kolaborasi antara Pemerintah Kota Malang dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, serta seluruh pemangku kepentingan terkait.

“TPID Kota Malang selalu intens berkoordinasi mengendalikan resiko kenaikan harga baik yang disebabkan oleh shock (guncangan) kelangkaan  ketersediaan pasokan barang/komoditas, maupun resiko kenaikan harga  dari sisi permintaan yang disebabkan oleh pola musiman seperti Lebaran, Natal, dan libur tahun baru,” ujar Sutiaji.

Perkembangan inflasi Kota Malang hingga Februari 2019 tetap terkendali dan mendukung pencapaian sasaran inflasi 2019 sebesar 3,5% ± 1% (yoy).

Berdasarkan rilis inflasi BPS Kota Malang, pada Februari 2019  Kota Malang tercatat mengalami penurunan harga atau deflasi  -0,42% (mtm) yang merupakan deflasi terdalam di Jawa Timur, berbeda dengan bulan sebelumnya pada Januari 2019 Kota Malang mengalami inflasi sebesar 0,53% (mtm) yang merupakan inflasi tertinggi di Jawa Timur.

Inflasi Kota Malang secara tahunan hingga saat ini mencapai 2,21% (yoy), menurun dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 2,81% (yoy). (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content