Berita

Piala Adipura Kirana 2016 Diarak Keliling Kota Malang

Klojen, MC – Bukti bahwa Kota Malang adalah kota sejuta prestasi mungkin tidaklah salah. Berbagai prestasi di segala bidang telah sanggup ditorehkan oleh kota yang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur itu.

1
Walikota Malang H. Moch. Anton beserta jajaran dan Forkopimda Kota Malang saat mengarak Piala Adipura Kirana 2016 keliling Kota Malang

Kali ini, beberapa penghargaan di bidang lingkungan hidup antara lain Adipura Kirana, Plakat Adipura bagi Taman Kota Terbaik kategori Kota Besar, dan Penghargaan Kalpataru Kategori Perintis Lingkungan pun diraih Kota Malang. Atas raihan prestasi membanggakan tersebut, Minggu (31/7) telah dilaksanakan Kirab Penghargaan Adipura Kirana 2016.

Kirab yang mengambil start di Jl. Simpang Balapan dan finish di depan Kantor DPRD Kota Malang tersebut diikuti oleh Wali Kota Malang, H. Moch Anton, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang, seluruh SKPD di lingkungan Pemkot Malang, serta pihak terkait lainnya.

Selain beberapa penghargaan di bidang lingkungan hidup, berbagai pencapaian prestasi lainnya yaitu penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi serta penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM tahun 2016 turut diarak mengelilingi Kota Malang.

“Penghargaan ini sebagai bukti pengakuan dari pemerintah pusat kepada Kota Malang yang dinilai berhasil mewujudkan tata kelola lingkungan dan taman yang bersih,” tutur Abah Anton, demikian Walikota Malang itu kerap disapa, Minggu (31/7).

“Untuk itu, saya berharap dengan adanya kirab kali ini dapat semakin memotivasi masyarakat agar terus meningkatkan kepeduliannya kepada lingkungan, dan berbangga hati atas raihan Piala Adipura Kirana ini,” tambahnya.

Dalam Kirab Adipura ini juga ditampilkan beberapa kesenian dan kendaraan hias yang sengaja disisipkan agar kirab yang dilangsungkan tidak saja sekedar perayaan belaka, namun lebih dari itu juga terdapat sisi edukasi bagi masyarakat seperti pengenalan beberapa tarian dan kesenian tradisional lainnya, pola perilaku hidup bersih dan sehat, serta pasar rakyat menuju pasar bersih.

“Berbagai elemen masyarakat pun turut serta pada kirab ini, hal ini dikarenakan masyarakat Kota Malang turut berperan aktif sehingga Kota Malang dapat meraih Piala Adipura Kirana,” ungkapnya.

Berbagai atraksi dan tarian yang turut menyemarakkan kirab diantaranya yaitu tarian Cucuk Lampah, atraksi kesenian Barongsai, penampilan drumband serta tarian massal Grebek Sambrang. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content