Berita

TP PKK Kota Malang Miliki Peran Strategis Dalam Pembangunan

Klojen (malangkota.go.id) – Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 bertema ‘Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras dengan Program Pemerintah’ digelar di Gedung Kartini Kota Malang, Rabu (10/4/2019).

Wali Kota Malang beserta Ibu serta Sekda Kota Malang beserta Ibu saat tampil dalam Peringatan HKG PKK ke-47 di Gedung Kartini Kota Malang

Wali Kota Malang, Ketua TP PKK Kota Malang, serta Sekretaris Daerah Kota Malang beserta Ibu hadir pada kesempatan ini. Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji dalam sambutannya banyak berpesan agar ke depan PKK lebih banyak lagi memberikan sumbangsih. Hal ini sangat sejalan dengan cita-cita bersama untuk mewujudkan visi Kota Malang Bermartabat.

Sutiaji mengungkapkan peran para ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak PKK Kota Malang sangat baik dalam membantu upaya pembangunan daerah. Inovasi dan improvisasi program PKK Kota Malang pun menurutnya sangat luar biasa.

“Sinergi TP PKK dengan pemerintah daerah juga stakeholder sangat baik. Ke depan harus dipertahankan dan ditingkatkan,” ucap Sutiaji, Rabu (10/4).

Pada kesempatan ini Sutiaji tidak hanya sekedar memberikan sambutan, orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota Malang ini juga tampil bernyanyi di panggung membawakan lagu karyanya sendiri dengan judul Kota Malang Kota Mulia.

Sutiaji juga mengamanahkan jika saat ini teknologi membawa dunia pada kemajuan. Namun pada sisi lain, identitas kebangsaan khususnya pendidikan karakter sangat rawan karena tergerus dengan derasnya informasi. “Harus ada penguatan identitas dan karakter. Kami berharap di setiap agenda PKK bisa membawa hal itu,” tegas Sutiaji.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Malang Widayati, S.Sos, MM saat membacakan pidato dari Ketua TP PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo menegaskan jika PKK memiliki sepuluh program pokok yang pada intinya merupakan kebutuhan dasar manusia, mulai dari penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

“Peningkatan fungsi kinerja gerakan PKK dengan bakti dan karya nyata sekaligus bekerja tanpa pamrih. Selain itu peningkatan daya kreativitas dan inovasi dalam pengembangan program-program PKK agar selaras dengan garis kebijakan program pemerintah yang semua itu harus dicapai melalui karsa, inisiatif dan ketekunan,” kata Widayati saat membacakan pidato Ketua TP PKK Pusat.

Melalui tema HKG PKK tahun 2019 ini, TP PKK diharapkan untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitas yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk Dasa Wisma, sehingga dapat menjaga kebersamaan dan kegotong royongan agar agenda kerja pemerintahan melalui sejumlah program pembangunan dapat tercapai.

Peringatan HKG PKK ke-47 yang juga digelar dalam rangka peringatan HUT ke-105 Kota Malang serta Hari Kartini 2019 kali ini diisi dengan berbagai penampilan seni dari anggota TP PKK Kota Malang, mulai dari ludrukan, fahion show dan juga paduan suara. (cah/hms/yon)

Baca juga dalam : Berita