Berita

Jelang Lebaran, BI Malang Siapkan Uang Kartal Rp4,1 T

Klojen (malangkota.go.id) – Menjelang Hari Raya Idulfitri 1440 H/2019 M, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang menyiapkan uang kartal untuk transaksi keuangan di perbankan umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang ada di wilayah kerja BI Malang.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Azka Subkhan saat memberikan keterangan

Bank Indonesia Malang pun melakukan berbagai upaya agar transaksi keuangan di bank-bank umum dan BPR berjalan lancar, terutama saat menjelang Hari Raya Idulfitri kali ini. Termasuk juga untuk melayani penukaran uang baru bagi masyarakat jangan sampai ada kekurangan uang, karena kebutuhan masyarakat tinggi.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Azka Subkhan, Senin sore (20/05/2019) mengungkapkan jika pihaknya sudah menyiapkan uang kartal sebesar Rp4,1 triliun untuk kebutuhan tersebut. Dari besaran itu, akan didistribusikan ke bank umum dan BPR yang ada di tujuh kabupaten/kota yang menjadi wilayah kerja BI Malang serta untuk penukaran uang baru.

Setiap bank umum yang melayani penukaran uang baru, Azka menerangkan bahwa mulai hari ini akan memasang spanduk pemberitahuan dan warga tidak dikenakan biasa alias gratis. “Dalam satu atau dua hari ini, dari Bank Indonesia Malang bersama bank umum lainnya juga akan melayani penukaran uang baru yang ditempatkan di aula kantor Tim Penggerak PKK Kota Malang,” jelasnya.

Berbagai upaya ini menurut Azka juga sekaligus sebagai cara dari Bank Indonesia untuk terus menekan peredaran uang palsu yang selalu dikeluhkan oleh masyarakat. “Maka dari itu, bagi warga yang hendak menukar uang baru hendaknya di bank-bank umum yang ditunjuk Bank Indonesia maupun BPR,” imbaunya.

Warga pun diminta teliti dalam mengenali keaslian uang dengan melakukan 3D, yaitu dilihat, diraba dan diterawang. Selain itu, masyarakat juga diajak menjaga fisik rupiah dengan lima jangan seperti jangan dicoret-coret, jangan distaples dan jangan dibasahi, sehingga peredaran uang lebih lama dan Bank Indonesia tidak selalu mengeluarkan uang baru dalam waktu dekat serta dalam jumlah besar. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content