Artikel

Ratusan Hasil Penelitian dan Kreativitas Mahasiswa Ikuti Expo Gelar Produk

Klojen (malangkota.go.id) – Sejumlah hasil penelitian mahasiswa dari perguruan tinggi mengikuti Expo Gelar Produk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan di halaman Rektorat Universitas Brawijaya Malang, Selasa (25/06/2019). Ekspo ini merupakan salah satu bagian dari persiapan mahasiswa untuk mengikuti ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) tahun ini.

Penjurian peserta Expo Gelar Produk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di UB Malang

Sebelumnya, telah dilaksanakan seminar yang menyuguhkan 74 pemakalah dan 867 peserta yang akhirnya yang mengikuti ekspo kali ini sebanyak 107 hasil penelitian. Tak hanya mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Malang dan Indonesia, peserta juga berasal dari beberapa negara tetangga, seperti Malaysia dan Libya, sehingga saat penilaiannya  ada persaingan yang sangat ketat.

Ketua panitia, Yusuf Hendrawan menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini digelar memang untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa dan mengembalikan fitrahnya, yaitu agar kembali ke ilmiah serta terus berinovasi.

“Dari inovasi yang dihasilkan, hendaknya juga bisa bersaing hingga level internasional dan bisa dikomersilkan. Pada akhirnya, akan melahirkan pelaku usaha muda yang berdaya saing,” imbuhnya.

Lebih lanjut Yusuf mengatakan, hingga saat ini minat penelitian mahasiswa masih sangat tinggi, terutama yang dibiayai oleh Kemenristekdikti RI sehingga nantinya akan banyak melahirkan berbagai penelitian yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

“Khususnya di Universitas Brawijaya Malang, kita tidak hanya diperintahkan lari oleh rektor, tapi harus terbang untuk menghasilkan banyak penelitian,” sambungnya.

Dari banyaknya hasil penelitian ini, maka nantinya akan banyak juga melahirkan tecno entrepreneurship, atau wirausaha yang berbasis pada teknologi maju dan modern. “Begitu juga dengan adanya ajang Pimnas dan yang lain, maka akan terus memacu adrenalin para mahasiswa untuk menjadi yang terbaik,” tukasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content