Artikel

Mobil Hemat Energi UB Bersiap Ikuti Lomba Internasional

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Setelah sukses menjadi runner up pada ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019, tim Universitas Brawijaya (UB) tidak lekas berpuas diri. Mereka akan bersaing di tingkat yang lebih besar lagi, yakni kejuaraan Shell Eco Marathon 2020 yang diselenggarakan di Malaysia.

Tim UB dengan mobil hemat energi karya mereka

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik UB, Dr. Eng. Ir. Denny Widyanuriyawan, ST membenarkan seusai tampil di ajang KMHE, tim UB saat ini fokus tampil di kejuaraan Malaysia. Di negeri Jiran, UB akan tampil di kategori Urban MPD Ethanol dan Urban Listrik.

“Pengalaman tampil di KMHE kemarin menjadi bekal yang bagus sebelum tampil di Malaysia,” jelas Denny, Kamis (3/10/2019).

Denny menambahkan, capaian yang ditunjukan dari gabungan mahasiswa jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro menjadi bahan evaluasi yang sangat baik. Hal ini menjadi modal penting untuk bisa meningkatkan inovasi mobil hemat energi yang lebih cepat dan hemat.

Pada kejuaraan KMHE 2019, tim UB menyabet beberapa juara dalam lima hari kejuaran yang diselenggarakan di Universitas Negeri Malang (UM). UB mengirim empat mobil hemat tiga mobil dan UB meraih empat gelar sehingga bisa menempati posisi kedua setelah Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Empat tim yang dikirim UB dalam KMHE meraih juara satu pada Prototype MPD Diesel (Appatte 62 Brawijaya Team 3). Juara satu pada Urban MPD Ethanol (Appatte 62 Team 4). Juara tiga untuk kelas Urban Listrik (Appatte Elang Perkasa Team 1)), dan meraih peringkat empat Apatte 62 Brawijaya pada Prototype Listrik (Appatte Team 2). (cah/ram/yon)