Berita

Wali Kota Malang Terima Penghargaan Pencapaian Maturitas SPIP Level 3 dari BPKP Provinsi Jawa Timur

Surabaya (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menerima Penghargaan Pencapaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Timur yang diserahkan langsung oleh Plt. Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman, Didik Krisdianto bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Senin (20/1/2020)

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menerima Penghargaan Pencapaian Maturitas SPIP Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur

Dalam sambutannya, Gubernur Jatim Khofifah menyatakan bahwa pengawasan harus bergerak (berjalan) mulai perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Dengan diserahkannya penghargaan Pencapaian Maturitas SPIP Level 3 ini, Khofifah berharap agar provinsi beserta kabupaten kota di Jawa Timur dapat menjalankan SPIP sesuai dengan peraturan perundangan yang telah berlaku. Terlebih jika mampu pecah telur naik ke level 4.

“Saya ingin BPKP mengawal kami dengan ketat dan dekat agar dapat mewujudkan hal tersebut. Selamat kepada kabupaten/kota yang berhasil meraih penghargaan ini, semoga bisa menjadi motivasi bagi daerah untuk lebih meningkatkan kinerjanya,” ucap Khofifah.

Sistem Pengendalian Intern Pemerintah adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Skor maturitas penyelenggaraan SPIP sebesar tiga atau level 3. Secara umum dengan berada pada level “terdefinisi” mencerminkan bahwa Pemerintah Kota Malang telah melaksanakan praktek pengendalian intern. Penilaian tingkat maturitas penyenggaraan SPIP meliputi unsur diantaranya lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan.

Sementara itu Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menyatakan bahwa penghargaan maturitas merupakan apreasiasi kepada kabupaten/kota di Jawa Timur yang sudah melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dengan baik.

Ada 30 Kabupaten / Kota di Jawa Timur yang juga menerima penghargaan tersebut selain Kota Malang. Bersamaan acara tersebut juga dilaksanakan pelantikan dan serah terima jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

“Berkaitan dengan level maturitas SPIP dan peningkatan Kapabilitas APIP, jika bekerja berdasarkan sistem yang baik itu benar-benar dihayati sebagai motor penggerak manajemen pemerintahan, maka tindak pidana korupsi dapat ditekan, dan dalam waktu yang sama dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan komitmen ini merupakan kunci keberhasilan mewujudkan good governance dan clean government,” tandasnya. (Ts/yon)

Baca juga dalam : Berita
Kamis, 27 Februari 2020 5:00 WIB

Bapenda Kota Malang Mantapkan Langkah Genjot PAD

Kamis, 27 Februari 2020 5:00 WIB

DPUPRPKP Kota Malang Gelar Forum Perangkat Daerah