Berita

Aksi Peduli Covid-19, IKAPTK Kota Malang Bagikan 3.000 Masker

Malang (malangkota.go.id) – Aksi peduli Covid-19 terus bergerak dari warga, komunitas, maupun lembaga yang ada di Kota Malang. Kali ini dilakukan oleh Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kota Malang dengan membagikan 3.000 masker gratis kepada warga di lima kecamatan di Kota Malang.

Aksi kepedulian dengan membagikan masker dilakukan oleh IKAPTK Kota Malang

Koordinator aksi, MF Hariez mengatakan bahwa  aksi peduli telah diniatkan sejak lama. Di sela-sela tugas kedinasan, para alumni senantiasa berpikir tentang upaya apa yang akan dilakukan untuk membantu pemerintah dalam melawan Covid-19 di Kota Malang.

“Karena kami tahu bahwa pemerintah ada keterbatasan, ada mekanisme dalam proses penganggaran hingga pencairan serta tidak mungkin bisa jalan sendiri. Perlu ada dukungan semua pihak, sebagaimana yang telah dilakukan warga Kota Malang selama ini,” ujar Hariez, yang juga Kasubag Protokol Bagian Humas Pemerintah Kota Malang itu, Minggu (19/04/2020).

Hal itu yang mendasari IKAPTK bergerak melalui aksi pembagian masker sebanyak 3.000 buah yang dibagikan secara merata di lima wilayah kecamatan Kota Malang. Aksi tersebut dilakukan juga memperhatikan saran dan arahan para senior purna praja Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) yang saat ini menjadi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang berdinas di Pemerintah Kota Malang.

“Purna praja yang tergabung dalam IKAPTK yang dinas di Kota Malang sebanyak 73 orang. Kalau dulu, peserta didik yang dari Malang, setelah lulus dikembalikan ke Malang lagi. Sejak 1995, sudah disebar ke semua wilayah nusantara dan didoktrin untuk mampu berada di tengah-tengah masyarakat,” imbuh mantan Lurah Dinoyo tersebut.

Adapun pelaksanaan pembagian 3.000 masker kain dua lapis dari IKAPTK Kota Malang ini meliputi wilayah Kecamatan Blimbing, yakni Pasar Blimbing, Pos Jaga Terminal Arjosari, dan Pasar Krempyeng Pandanwangi. Sedangkan di Kecamatan Sukun, yakni lampu merah pertigaan Janti dan lampu merah perempatan Mergan – Langsep.

Di Kecamatan Lowokwaru, yakni pertigaan daging atau Jalan MT Haryono. Sementara di Kecamatan Kedungkandang, yakni perempatan Kelurahan Sawojajar dan Pasar Sawojajar. Kemudian yang terakhir di Kecamatan Klojen, yakni di perempatan Jalan Kawi – Ijen dan Alun- Alun Merdeka (depan Masjid Jami’).

Aksi peduli Covid-19 ini dilepas oleh Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji dari rumah dinas yang berada di Jalan Ijen 2 Kota Malang. Hari ini semua dibutuhkan membangun empati dan simpati untuk menguatkan solidaritas sosial, khususnya kepada alumni IPDN.

“Selain kampanye penggunaan masker melalui pembagian masker gratis, saya juga titip untuk terus mengajak lingkungannya masing-masing dalam membangun pola hidup bersih dan sehat. Kuatkan social dan physical distancing, serta memanfaatkan Ramadhan sebentar lagi sebagai media doa keselamatan dan bebas dari korona. Sekaligus jadi sarana stay at home penuh nilai-nilai ibadah bersama keluarga,” pungkas Sutiaji. (humas/ram/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content