Artikel

Peringati HPN, PWI Jatim Beri Penghargaan kepada Sejumlah Tokoh

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur memberikan penghargaan PWI Jatim Award 2020 kategori Prime Achievement kepada KH. Hasyim Muzadi (Alm), Pendiri Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam, Kota Malang. PWI Jatim menilai spirit perjuangan mantan Ketua Umum PBNU itu sangat besar terhadap komitmen kebangsaan yang kuat dan keberagamannya.

Ketua PWI Jatim Ainur Rohim menyerahkan penghargaan PWI Jatim Award 2020 kepada Ketua Yayasan Alhikam, Gus Hakim Hidayat di Pesma Al Hikam, Kota Malang

Pengasuh Pesma Al-Hikam itu juga memiliki kepedulian dan kedekatannya dengan insan media, baik saat memimpin NU di Jawa Timur sampai dengan saat memimpin PBNU di Jakarta. Penghargaan PWI Jatim Award 2020 tersebut diserahkan oleh Ketua PWI Jatim Ainur Rohim kepada Ketua Yayasan Alhikam, Gus Hakim Hidayat di Pesma Al Hikam, Kota Malang, Rabu (08/07/2020).

“Kami memberikan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi yang sangat luar biasa kepada almarhum KH Hasyim Muzadi dengan spirit keberagaman dan kebangsaannya. Beliau juga sangat dekat dengan teman-teman wartawan, baik saat di Jatim sampai di tingkat nasional,” kata Ainur Rohim didampingi beberapa pengurus PWI Jatim dan Ketua PWI Malang Raya, M. Ariful Huda.

Mantan wartawan Memorandum itu pun mengenang perjuangan KH Hasyim Muzadi saat memimpin PWNU Jatim yang begitu dekat dengan wartawan. Pemikiran-pemikirannya yang luas menambah pengetahuan para wartawan yang sering kali meliput atau mewawancarainya.

“Kapanpun beliau ada waktu akan menerima wawancara wartawan. Setelah itu biasanya dialog santai sambil minum kopi. Pemikiran beliau soal kebangsaan sangat luas, apalagi pemikiran keagamaannya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, penghargaan PWI Jatim Award 2020 rutin diberikan PWI Jatim saat Hari Pers Nasional (HPN). Tahun ini ada 18 tokoh regional dan nasional yang mendapatkan penghargaan PWI Jatim Award. Awalnya, penghargaan akan diberikan pada puncak peringatan HPN, hanya saat saat pandemi Covid-19 semua rencana dibatalkan.

“Akhirnya kami yang datang langsung kepada masing-masing tokoh untuk menyampaikan penghargaan ini. Selain KH Hasyim Muzadi, PWI Jatim Award 2020 juga diberikan kepada Dr (HC) Ir. KH. Salahudin Wahid (Alm), Pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang dan tokoh lainnya,” imbuh Ainur.

Putra KH Hasyim Muzadi, Gus Hakim Hidayat mengucapkan terima kasih atas penghargaan PWI Jatim Award 2020 yang diberikan kepada KH Hasyim Muzadi. Selain sebagai apresiasi terhadap spirit perjuangannya, juga sebagai bentuk pengakuan terhadap KH Hasyim Muzadi.

“Ini akan menjadi bahan renungan kami untuk memaknai perjuangan abah (KH Hasyim Muzadi),” terang Gus Hakim yang didampingi Kepala Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang KH Drs.H. Muhammad Nafi’,” (say/yon)

Daftar penerima PWI Jatim Award 2020;

Kategori  Prime Achievement:

  1. KH. Hasyim Muzadi (Alm), Pendiri Ponpes Al Hikam, Malang
  2. Dr (HC) Ir. KH. Salahudin Wahid (Alm), Pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang

Kategori Special Award:

  1. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa
  2. Pangdam V Brawijaya (2019-2020) Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi
  3. Kapolda Jatim (2018-2020) Irjen Pol Drs. Luki Hermawan
  4. Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Dr. Mohammad Dhofir SH., MH. (2019-saat ini)

Kategori Bidang Olahraga:

  1. Menpora Zainudin Amali (Tokoh Olahraga)
  2. Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh (Tokoh Bidang Pembinaan Sepakbola Daerah)
  3. Manajer Madura United 2016-2019 Haruna Soemitro (Tokoh Bidang Pembinaan Sepakbola Profesional)

Kategori Bidang Pemerintahan:

  1. Menko PMK Prof Muhadjir Effendy (Tokoh Bidang Pemerintahan Pusat)
  2. Bupati Sumenep KH. Abuya Busyro Karim (Tokoh Bidang Pemerintah Daerah)
  3. Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi, S.H, M.Hum (Tokoh Bidang Kelembagaan Legislatif)
  4. Anggota DPR RI Komisi XI H. Muhammad Sarmuji, M.Si. (Tokoh Bidang Politik)
  5. Kepala SKK Migas Jabanusa Ir. Nurwahidi (Tokoh Bidang Penguatan Energi)
  6. Kepala Bappeprov Jawa Timur Mohammad Rudy Ermawan Yulianto, ST, MMT. (Tokoh Bidang Birokrasi)

Kategori Profesional:

  1. CEO Pismatex Group Djamal Ghozi (Tokoh Bidang Ekonomi Bisnis)
  2. Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia Ir. Totok Paulus Lucida (Tokoh Bidang Pembangunan Perumahan)
  3. CEO Nyata Group Nany Widjaja (Tokoh Bidang Pers)

 

You may also like

Skip to content