Berita

Upaya Membangkitkan dan Melestarikan Seni Budaya

Klojen (malangkota.go.id) – Tak hanya memberi dukungan secara aturan dan sejumlah fasilitas kepada para pelaku seni budaya daerah, namun para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang terlibat langsung dalam sebuah pertunjukan seni. Seperti yang terlihat pada Sabtu (22/08/2020) malam, mereka berkolaborasi dengan jejaring seniman Dewan Kesenian Malang (DKM) serta perwakilan dari Pemkot Malang dalam gelaran A(rt)gustusan Ludruk Kabaret atau ludruk yang dikolaborasi dengan operet.

Anggota Komisi D DPRD Kota Malang, Nurul Setyowati saat terlibat langsung dalam pertunjukan ludruk Kabaret

Dalam pertunjukan yang dihelat di lobi Kantor DPRD Kota Malang ini ada empat orang wakil rakyat yang menjadi pemeran utama dalam kisah bertajuk ‘Dari Cinta Kita Belajar Memberi Tanpa Mengharap Balasan’. Meski beberapa orang anggota dewan terlihat agak canggung saat berada di panggung, namun suguhan pertunjukan yang juga digelar secara virtual di media sosial ini sangat menghibur para warga yang menyaksikan.

Salah satu tokoh utama yang juga anggota Komisi D DPRD Kota Malang, Nurul Setyowati mengatakan, meski baru pertama kali terlibat langsung dalam kesenian ludruk namun dia mengaku sangat senang dan menikmati. Menurutnya, para wakil rakyat yang lain nantinya juga siap jika memang akan dilibatkan lagi seperti acara kali ini. “Ini merupakan wujud kepedulian dan dukungan para wakil rakyat terhadap seni budaya daerah dan bagi para pelaku seni,” imbuhnya.

Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, dimana sudah sekitar lima bulan terakhir para seniman ini tidak bisa menggelar pertunjukan dan berimbas juga terhadap perekonomian mereka. “Komisi D merupakan komisi yang membidangi seni budaya, ke depan dukungan tak hanya berupa fasilitas dan keterlibatan personel secara langsung, namun juga dari sisi aturan akan lebih dikuatkan lagi,” sambung Nurul.

Politisi PDI Perjuangan itu mencontohkan, seperti keberadaan DKM yang harus memiliki badan hukum, sehingga nantinya jika ada bantuan dari alokasi dana hibah dapat disalurkan dengan baik. “Dengan adanya dukungan penuh dari para wakil rakyat terhadap para pelaku seni dan seni budaya daerah, diharapkan seni budaya tradisional ini akan terjaga serta terawat dengan baik,” jelas Nurul.

Jika sudah seperti itu, kesenian dapat diwarisi oleh para generasi muda dan seni budaya daerah bisa bangkit lagi meski di tengah pandemi. “Dari semua itu, secara otomatis tentu juga akan berimbas terhadap bergeliatnya roda ekonomi, khususnya di kalangan para seniman,” pungkas Nurul. (say/yon)

You may also like

Skip to content