Berita

Pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Malang Periode 2020-2025 Dikukuhkan

Klojen (malangkota.go.id) – Ibarat paku, anggota Gerakan Pramuka juga harus bisa berfungsi dan bermanfaat seperti paku yang selalu tegak lurus serta menguatkan ketika dipakai. Paku pun sangat dibutuhkan sebagian besar manusia dalam kehidupannya.

Pengukuhan Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Malang periode 2020-2025 di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Sabtu (12/09/2020)

Hal itu yang disampaikan oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji saat mengukuhkan Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Malang periode 2020-2025 di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Sabtu (12/09/2020). Ditambahkannya, dalam setiap bangunan pasti paku sangat dibutuhkan dan akan menguatkan bangunan itu sendiri.

Sesuai simbol Gerakan Pramuka, yaitu tunas kelapa, dikatakan Wali Kota Malang, maka para anggotanya pun hiduplah seperti kelapa. Setiap pohon kelapa, semua bermanfaat bagi kehidupan manusia, pohon kelapa tidak peenah peduli siapa saja dan tanpa melihat siapa yang memanfaatkannya.

“Seperti juga tunas kelapa, bagaimana tunas itu terus tumbuh. Tunas akan menjadi kelapa yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Mulai dari akar, pohon, daun, dan buah, semua dapat dimanfaatkan oleh manusia. Maka resapi dan implementasikan dalam kehidupan dari lambang tunas kelapa itu,” pesan pria berkacamata itu.

Dalam acara pengukuhan yang sekaligus dirangkai dengan penganugerahan tanda penghargaan Pramuka tersebut, Sutiaji juga mengibaratkan anggota Gerakan Pramuka layaknya bendera Merah Putih. “Kenapa kita harus hormat kepada Sang Saka Merah Putih? Karena merah putih ada dalam setiap jiwa manusia. Seperti semangat dan idealisme. Merah ibarat kemauan tapi harus direm dengan warna putih yaitu hati nurani dan wahyu putih,” jelasnya.

Maka dari itu, terang Sutiaji, jangan merasa paling hebat dan paling kuat, karena setiap manusia pasti memiliki kelemahan. Wadah Pramuka diharapkan jadi wadah alternatif diluar organisasi formal dan nenjadi seperti paku dan ketika dibutuhkan selalu dalam keadaan berdiri tegak.

Lebih jauh disampaikan Sutiaji, bahwa Pramuka memiliki filosofi yang suci, maka sikap dan sifat dari para anggotanya harus mencerminkan keduanya. Di kepengurusan baru ini, Heri Sunarko kembali terpilih sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang. (say/yon)

You may also like

Skip to content