Berita

Bung Edi Jajal e-Bike Karya Siswa SMK Nasional Kota Malang

Malang, (Malangkota.go.id) – Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko hadir dalam peluncuran e-bike dan gas bike hasil kreasi dan inovasi siswa SMK Nasional, Minggu (7/2/2021). Dalam acara tersebut, ia mencoba menjajal sepeda listrik buatan arek Malang itu sambil mengelilingi titik-titik heritage di Kota Malang.

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko dalam peluncuran e-bike dan gas bike hasil kreasi dan inovasi siswa SMK Nasional

Bung Edi sangat mengapresiasi e-bike dan gas bike yang merupakan hasil karya anak bangsa ini sebagai salah satu terobosan yang baik di tengah pandemi. Pada mulanya e-bike ini adalah sepeda bekas yang dimodifikasi, diperbaiki, dan disempurnakan dengan teknologi sehingga menjadi menarik. Ada empat jenis sepeda yang dimodifikasi menjadi e-bike dan gas bike, yaitu city bike, MTB, sepeda lipat, dan downhill.

E-bike sendiri menggunakan teknologi baterai yang bisa menempuh jarak hingga 40-70 kilometer. Selain menggunakan tenaga listrik, e-bike juga bisa dikolaborasi dengan tenaga manual. Untuk cara penggunaannya sama seperti sepeda biasa, jika dinyalakan lalu digas bisa dikendarai seperti mengendarai sepeda motor. Namun bisa juga dikayuh seperti sepeda biasa.

“Perbedaannya dengan sepeda biasa, dalam kondisi tanjakan bisa gunakan tenaga baterai, tapi saat posisi datar bisa digunakan dengan kayuh secara manual,” terang Bung Edi di tengah melakukan uji coba e-bike.

Bung Edi berharap e-bike ini bisa menarik masyarakat untuk menerima karya-karya anak negeri. Inovasi ini adalah proses percepatan dan kebermanfaatan bagi kegiatan-kegiatan masyarakat. Hal ini juga peluang bisnis baru, khususnya di bidang transportasi.

“Pengembangan produk ini juga diharap bisa mendukung dan menjadi nilai tambah untuk kegiatan kepariwisataan di Kota Malang. Sebagai kota pariwisata, inovasi e-bike ini ke depan diharap bisa digunakan oleh wisatawan untuk berkeliling ke lokasi-lokasi wisata seperti wisata heritage, kampung tridi, kunjungan ke pusat industri kecil di Malang,” sambung Bung Edi.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan ke depan kolaborasi SMK dengan Pemerintah Kota Malang semakin nyata. “Hari ini saya hadir di sini sebagai komitmen dan kesungguhan dari Pemerintah Kota Malang terhadap hasil karya SMK Nasional. Poin pentingnya adalah ternyata anak SMK bisa, bisa berkarya luar biasa.” tuturnya.

Hadir dalam peluncuran e-bike dan gas bike yang berlangsung di lapangan SMK Nasional ini pimpinan Radar Malang Kurniawan, salah satu tim ahli cagar budaya Kota Malang Budi Fatoni, serta komunitas sepeda dari berbagai instansi, seperti Diskopindag, Satpol PP, Junior Chamber International (JCI) Brawijaya dan lain-lain. (eka/ram)

You may also like

Skip to content