Berita

Urban Farming Wujud Pengembangan Ketahanan Pangan

Klojen (malangkota.go.id) – Menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), anggota Komisi VII DPR RI, Moreno Soeprapto menyerahkan sejumlah bantuan kepada warga Malang Raya. Melalui program diseminasi teknologi urban farming dan peternakan tersebut adalah wujud dari pengembangan ketahanan pangan, sehingga ekonomi masyarakat di tengah pandemi secara bertahap bisa pulih kembali.

Anggota Komisi VII DPR RI, Moreno Soeprapto (tiga dari kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan kepada warga guna mendongkrak roda ekonomi ditengah pandemi

Hampir semua sektor kehidupan terdampak oleh pandemi Covid-19, seperti kalangan petani dan peternak yang membuat ekonomi masyarakat menurun. Atas dasar itulah anggota Komisi VII DPR RI, Moreno Soeprapto bersama BPPT menyalurkan sejumlah bantuan kepada warga Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, Jumat (06/11/2020).

Secara simbolis bantuan yang meliputi sarana prasarana pertanian dengan sistem hidroponik, aquaponik dan vertikultur diserahkan di aula Kantor DPRD Kota Malang. Dalam program ini Moreno melibatkan BPPT sehingga pendampingan kepada para petani berjalan komprehensif. “Dengan memanfaatkan lahan seadanya, maka warga dapat memaksimalkan hasil pertaniannya menggunakan inovasi ini,” imbuhnya.

Warga masyarakat pun dapat menanam aneka sayuran maupun buah-buahan. Dengan demikian meski di tengah pandemi covid-19 secara bertahap ekonomi masyarakat akan pulih dan warga tidak perlu resah lagi karena dari teknologi ini hasil panen juga dapat dijual. “Sehingga secara otomatis ketahanan pangan pun tercipta,” ungkap Moreno.

“Masyarakat dengan pandemi ini saya tahu roda ekonomi juga susah, tapi sekreatif mungkin bagaimana kita bisa survive dan salah satunya dengan program seperti ini yang saya sosialisasikan. Saya ingin memancing warga Kota Malang pada khususnya dan Malang Raya pada umumnya untuk bisa tetap survive dan juga bisa menahan diri serta menaati semua protokol kesehatan,” sambungnya.

Pada momen ini Moreno juga menyerahkan bantuan ventilator dan sarana penunjang pelaksanaan tes cepat kepada beberapa rumah sakit sebagai upaya menekan kasus Covid-19, sehingga dalam program ini tidak hanya kasus Covid-19 yang diminimalisir tapi di sisi lain ekonomi masyarakat juga akan membaik secara perlahan namun pasti. (say/yon)

You may also like

Skip to content