Berita

Wali Kota Sutiaji Akui Peran Aktif Pers Sangat Dibutuhkan

Malang, (malangkota.go.id) – Saat menjadi salah satu narasumber dalam webinar dengan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang diperingati setiap 9 Februari, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menyampaikan berbagai pesan dan harapan bagi para awak media.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menyampaikan berbagai pesan saat menjadi salah satu narasumber webinar dengan pengurus PWI Malang Raya dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional

Dalam webinar yang digelar pada Senin (08/02/2021) tersebut, menurutnya bahwa media massa menjadi salah satu kontrol penting terhadap berbagai kebijakan pemerintah. Selain itu, terang pria berkacamata itu, bahwa media menjadi pilar demokrasi dan turut menentukan arah kebijakan dari pemerintah, mulai daerah hingga pusat.

“Peran media massa sebagai media kontrol keberadaannya sangat dibutuhkan. Sehingga tingkat kecerdasan dan literasi para wartawan harus terus dikembangkan guna menjawab berbagai tantangan zaman,” imbuhnya.

Pria yang mengaku juga pernah menggeluti dunia kewartawanan selama menjadi mahassiswa ini lebih jauh menyampaikan jika salah satu kunci keberhasilan program pembangunan yaitu adanya pentahelik, yang di dalamnya juga melibatkan kalangan media massa.

“Maka dari itu, citra wartawan harus terjaga dengan baik dan jangan sampai dikotori oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena tidak dapat dipungkiri hingga saat ini masih ada oknum wartawan yang kinerjanya patut dipertanyakan,” beber Sutiaji.

Yang tidak kalah penting, bahwa media atau para wartawan harus turut berkontribusi untuk memodernisasi dan menyampaikan berbagai kebijakan pemerintah agar tersampaikan ke masyarakat dengan baik dan benar. Dengan demikian, tidak menimbulkan multitafsir atau kesalahan pengertian di kalangan masyarakat.

“Peran pers pun harus mewadahi atau menjadi jembatan akan transparansi program pemerintah serta menjadi evaluator terhadap kinerja pemerintah,” sambung Sutiaji.

“Wartawan harus kembali ke garis yang sebenarnya. Artinya, dapat menjalani tugasnya dengan baik dalam menyuguhkan informasi yang akurat serta berimbang kepada masyarakat. Selama ini peran pers sudah cukup baik, terutama di Malang Raya ini dan ke depan saya harapkan lebih baik lagi. Kami dari pihak pemerintah sangat senang jika mendapat kritik, karena hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi bagi kami agar lebih baik lagi ke depannya,” tegasnya. (say/ram)

You may also like

Skip to content