Berita

Ketua Dekranasda: Potensi Kota Malang Terus Dikuatkan Lagi

Malang  (malangkota.go.id) – Potensi di Kota Malang terus dikuatkan lagi sehingga bisa bersaing secara nasional. Tagline dari Malang untuk Indonesia dan dunia dapat terwujud. Hal itu disampaikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Malang, Widayati Sutiaji usai menghadiri Rakernas Dekranas Tahun 2021 di Ngalam Command Center (NCC), Balai Kota Malang, Rabu (03/03/2021).

Rakernas Dekranas Tahun 2021 di Ngalam Command Center (NCC), Balai Kota Malang

Sebagai informasi, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) merupakan organisasi yang menghimpun, mewadahi, dan memgembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha di tingkat pusat. Sedangkan Dekranasda adah kepanjangan tangan dari Dekranas untuk mengurusi kerajinan di tingkat daerah. Dekranas juga selalu berupaya meningkatkan kehidupan perajin Indonesia agar mencapai kemandirian ekonomi.

“Acara ini satu rangkaian acara peringatan HUT ke-41 Dekranas pada 3 Maret 2021 adalah penyelenggaraan rakernas dan pelantikan ketua Dekranasda beberapa daerah secara virtual,” ujar Widayati Sutiaji.

Peringatan hari jadi Dekranas ke-41 ini mengambil tema “Perajin Sehat, Perajin Hebat, Indonesia Maju”. Tema ini diambil dengan harapan bahwa perajin tetap berkarya dan bisa menghadapi tantangan di masa pandemi.
“Harapannya semakin banyak perangkat daerah yang terlibat dan dapat saling berkolaborasi,” ujar Muhamad Sailendra, ST., MM, Ketua Harian Dekranasda sekaligus Kepala Diskopindag Kota Malang.

Mayoritas pengurus Dekranasda merupakan perangkat daerah di Kota Malang, yaitu Diskopidag, Disporapar, Bappeda, dan Diskominfo. Diperkuat dengan pengurus yang berlatar belakang praktisi dan pegiat kerajinan. Dengan demikian akan memudahkan koordinasi dan kolaborasi dalam mengembangkan produk yang dihasilkan oleh IKM dan UKM di Kota Malang.

“Kota Malang punya potensi sumber daya dan tradisi, mulai dari kuliner, fashion, kriya, bahkan industri kreatif digital. Dekranasda berupaya menggali, melestarikan dan mengembangkan kerajinan yang bernilai tradisi dan budaya bangsa,” sambungnya.

Kehadiran Dekranasda diharapkan mampu memberdayakan IKM dan UKM melalui berbagai macam program, seperti pameran, pelatihan, dan sosialisasi. Sejalan dengan hal tersebut, melihat dunia digital yang berkembang pesat dan dapat dimanfaatkan sebagai media promosi produk maka perlu diagendakan juga pelatihan dan sosialisasi terkait promosi produk IKM dan UKM secara digital.

Selain meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan produk, Dekranasda juga berupaya untuk membantu perajin dengan mempromosikan produk hasil kerajinannya. Mengingat Kota Malang juga terkenal sebagai destinasi wisata dan di beberapa hotel juga telah tersedia UKM Corner. Tujuannya agar pelaku usaha terbantu untuk promosi produk dan para tamu juga terbantu untuk mencari buah tangan. (ari/ram)

You may also like

Skip to content