Berita

DPRD Kota Malang Fasilitasi Pelaku UMKM Gelar Pameran

Malang, (malangkota.go.id) – Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah daerah maupun pusat dalam pemulihan ekonomi nasional. Guna mewujudkan hal tersebut pemulihan ekonomi dari daerah dan secara mikro harus dilakukan karena nantinya akan menyokong serta memperkuat ekonomi secara nasional.

Ketua DPRD kota Malang, I Made Rian Diana Kartika meninjau stand pameran UMKM usai membuka acara

Alasan inilah yang menjadi salah satu pemicu bagi DPRD Kota Malang untuk mendukung program pemulihan ekonomi, khususnya bagi pelaku UMKM. Konkritnya, pihak DPRD Kota Malang memfasilitasi sekitar 65 pelaku UMKM untuk menggelar pameran produk di aula kantor DPRD setempat yang digelar pada tanggal 12 hingga 13 Maret 2021.

Usai membuka acara tersebut pada Jumat (12/03/2021), Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika mengatakan jika pihaknya akan terus dan selalu akan mendukung program pelaku UMKM.

Seperti melalui pameran kali ini, kata dia, sebagai wujud dukungan nyata semua anggota DPRD diharuskan berbelanja atau membeli  produk UMKM sehari minimal satu produk. Ke depan, Made mengaku akan terus memberi dukungan sepenuhnya bagi pelaku UMKM agar roda ekonomi terus bergeliat. Misalnya melalui kebijakan yang berpihak maupun pada saat perubahan anggaran keuangan (PAK) agar ekonomi rakyat terus bergerak meski pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Kami siap menerima keluhan mereka dan apa yang bisa dewan lakukan lewat 3 fungsi kami di bidang penganggaran, di bidang legislasi dan di bidang pengawasan, sehingga peran kami langsung bisa dirasakan oleh masyarakat,” jelas Made.

Pameran UMKM seperti ini dirasakan manfaatkan oleh Durotul Mahmunin yang juga menjadi salah satu peserta. Dia mengaku juga terimbas adanya pandemi, namun dengan adanya pameran seperti ini masih mampu bertahan dan secara perlahan ada peningkatan penjualan. “Setidaknya dalam beberapa bulan terakhir penjualannya meningkat antara 20 hingga 30 persen melalui pesanan langsung maupun daring,” ungkapnya.

“Untuk acara seperti ini sangat bagus sekali  bagi kami karena bisa meningkatkan profit juga sekaligus bisa meningkatkan branding kita di masyarakat dengan lebih luas. Kalau dari kami sendiri merasakan mungkin sekitar 30 persen peningkatan dari profit yang bisa dihasilkan ketika kita mengikuti acara acara seperti ini,” pungkas perempuan berhijab itu. (say/ram)

You may also like

Skip to content