Mencicipi Nikmatnya Rawon Rampal Legendaris

oleh Apr 2, 2021Artikel

Malang, (malangkota.go.id) – Siapa yang tak tahu rawon? Di balik kuah hitamnya, ada cita rasa khas yang membuat penggemarnya pasti ketagihan. Ya, karena cita rasanya inilah rawon (beef black soup) dinobatkan menempati urutan pertama jenis sup terlezat di dunia menurut TasteAtlas (sebuah lembaga survei yang berbasis di Kroasia).

Rawon Legendaris “Rawon Rampal” yang terletak di Jalan Panglima Sudirman 71 A, Kota Malang

Malang bisa dibilang gudangnya makanan enak, termasuk rawon. Banyak warung atau depot rawon terkenal di Kota Malang, salah satunya yang cukup legendaris adalah Rawon Rampal. Warung Rawon Rampal ini terletak di Jalan Panglima Sudirman 71 A, Kota Malang. Lokasinya tak jauh dari Lapangan Rampal, Kota Malang.

Warung ini telah berdiri sejak tahun 1957. Pendiri tempat makan ini adalah Mbah Syariah dan kini usaha kuliner yang telah melegenda ini dikelola oleh anak dan anggota keluarganya. Pewaris resep kuliner ini tahu betul bagaimana cara mempertahankam pelanggannya. Jenis dan jumlah bumbu tidak diubah sedikit pun, kuah rawonnya pun tanpa lemak sehingga di mulut tidak terasa ‘ngendal’.

Salah satu pengelola Rawon Rampal saat ini adalah Ninik Wahyuni, cucu pendiri warung ini manyampaikan bahwa hal lain yang membuat cita rasa masakan di warung ini tetap otentik adalah cara memasaknya. Ternyata, mereka memasak menggunakan tungku kayu bakar sehingga membuat cita rasa dan aroma masakannya makin enak.

Tak main-main sepiring rawon dengan nasi yang cukup banyak serta irisan daging yang cukup besar, pasti membuat Anda kenyang. Tak ketinggalan kecambah segar dan sambal menambah nikmatnya kuliner satu ini. Tenang, bagi Anda yang porsi makannya kecil, Anda juga bisa memesan setengah porsi saja.

Untuk seporsi rawon dan soto daging Anda harus merogoh kocek Rp40.000. Memang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga rawon di warung kebanyakan, namun harga ini sebanding dengan cita rasa dan isian daging sapi yang melimpah.

Rawon Legendaris “Rawon Rampal” yang terletak di Jalan Panglima Sudirman 71 A, Kota Malang

Tak hanya menjual rawon, warung dengan gaya bangunan jadul ini juga menyediakan soto daging, nasi campur, dan nasi pecel. Di meja juga telah tersedia berbagai macam lauk tambahan seperti tempe goreng, perkedel, dan beragam gorengan lainnya. Selain itu, disajikan juga aneka jajanan pasar, yang bisa dijadikan sebagai makanan pembuka ataupun pengganjal perut saat Anda mengantre.

Buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 14.00 WIB, tampaknya warung ini tak pernah sepi pembeli. Terlebih saat jam makan, bisa dipastikan Anda harus bersabar untuk mengantre yang panjang. Pelanggannya pun tak hanya dari Kota Malang, namun banyak pelanggan dari luar kota, termasuk Presiden Joko Widodo dan Susilo Bambang Yudhoyono pun pernah berkunjung dan makan di warung ini. (ari/ram)