Artikel Kuliner

Merasakan Kesegaran Es Taloen yang Melegenda

Malang (malangkota.go.id) – Berdiri sejak tahun 1950 dan tetap eksis hingga kini, tak heran jika Depot Es Taloen menjadi jujugan kuliner legendaris di Kota Malang. Didirikan oleh Om Loek, seorang keturunan Cina depot yang satu ini digadang-gadang menjadi tempat pertama adanya es campur di Kota Malang.

Es campur Depot Es Taloen

72 tahun berselang, depot yang berlokasi tidak jauh dari Alun-Alun Kota Malang ini tetap memiliki penggemarnya sendiri. “Katanya si dulu pertama kali di Malang ada es campur ya di sini. Kalau sekarang sudah banyak kan. Kekhasan di sini, es campur kami ada tape hitam yang jarang ditemui di es campur lainnya,” ungkap Afni Nafidha, pengelola Depot Es Taloen kini.

“Sejak awal berdirinya Depot Es Taloen ini sudah menempati bangunan ini, tidak ada renovasi berarti, bangunan juga tetap bentuknya, hanya kita ubah penataannya saja,” lanjutnya.

Dalam satu mangkok es campur ada berbagai macam isian yakni cincau hitam, dawet atau cendol, kolang kaling, nanas, biji mutiara, dan ketan hitam. Kemudian diberi susu segar, sirup dan krimer kental manis, dan tentunya es serut. Tak hanya menyegarkan, es campur yang disajikan di depot ini juga memanjakan mata. Warna-warni beragam isian dengan es serut di atasnya sungguh membuat pelanggannya tak sabar menikmatinya terutama di siang yang terik. Harganya terbilang cukup masuk akal, seporsi es campur hanya Rp13.000,00.

Afni menyebutkan bahwa awalnya depot ini hanya menjual es campur saja. Namun, seiring berkembangnya waktu berbagai varian es lainnya juga dijual di depot ini seperti es buah, es mocca, es teler, dan lainnya. Tak hanya es, depot ini juga menyediakan aneka makanan seperti pangsit mie, rujak cingur, dan bakso.

Perempuan berhijab ini menuturkan bahwa depotnya akan bertambah ramai saat musim liburan tiba. “Kemarin itu dari Surabaya, Jakarta juga ada. Yang dulu pernah ke sini terus tinggal di luar kota biasanya mampir ke sini, reuni katanya gitu. Makanya Lebaran kemarin kami juga tidak tutup karena melayani orang luar kota,” tuturnya.

Nawak Ngalam, yang ingin merasakan es campur legendaris ini ataupun varian menu lainnya dapat langsung menuju daerah Talun tepatnya di Jalan Arif Rahman Hakim No. 2, Kota Malang. Depot ini buka setiap hari pukul 09.00-18.00 WIB. Menu Depot Es Taloen ini juga bisa dipesan melalui ojek online. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content