Berita

Wali Kota Malang Ajak Komunitas Startup Kuatkan Ekosistem Digital Kreatif

Klojen (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji hadir dan memberikan arahan dalam kegiatan ramah tamah bersama Komunitas Startup Malang yang digelar oleh Komunitas Stasion di Digital Innovation Lounge (DILo) Malang, Jumat (11/6/2021).

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji saat memberikan arahan dalam kegiatan ramah tamah bersama Komunitas Startup Malang yang digelar oleh Komunitas Stasion di Digital Innovation Lounge (DILo) Malang

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk community gathering ini bertema ‘Sinergi dalam Penguatan Ekosistem Digital Kreatif di Kota Malang.’ Wali Kota Sutiaji mengajak kelompok-kelompok startup untuk saling bersinergi melalui kolaborasi hexahelix dalam penguatan ekosistem digital kreatif di Kota Malang.

“Malang diharapkan menjadi Silicon Valley-nya Indonesia kaitannya dengan industri digital. Saya minta kelompok-kelompok startup untuk bangun komitmen dan konsistensi,” ajak orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota Malang itu.

Sutiaji mengungkapkan hal tersebut lantaran tingginya pertumbuhan industri startup di Kota Malang. Tercatat hingga saat ini, Kota Malang memiliki 168 industri startup berbasis digital.

“Kita tetap punya idealisme yang kuat, dari Malang untuk Indonesia dan dunia kita jadikan kenyataan. Program-program kita harus mendunia, yakinlah Malang punya potensi itu,” ucapnya.

Memegang kunci penting bagi tumbuh kembangnya ekonomi kreatif, kolaborasi yang positif diharapkan mampu mewujudkan ekosistem digital kreatif guna mendorong tumbuhnya industri startup di Kota Malang.

Sumber daya manusia (SDM) juga turut mendukung ekosistem digital kreatif. “SDM di Kota Malang tengah didominasi oleh pemuda milenial. Setidaknya 50,63% penduduk Kota Malang adalah generasi Z,” tuturnya.

“Masalah SDM saya punya keyakinan tidak kekurangan, ini kita kuatkan. Pemkot Malang akan menfasilitasi, terus menerus kita berikan kolaborasi. Kita jalin koneksi digital dengan startup-startup di Kota Malang,” jelasnya lagi.
Ia juga mengapresiasi atas eksistensi Komunitas Stasion sebagai komunitas yang mewadahi startup lokal menjadi bagian dari penggerak industri startup digital di Kota Malang. Ia berpesan agar semua pihak terus bersinergi menguatkan ekosistem digital kreatif di Kota Malang.

“Terus berupaya agar Malang ini kita kuatkan ekosistem digital kreatifnya. Saya punya keyakinan kita bisa. Posisi kita sudah terbangun dengan baik. Sudah waktunya kita bangkit,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Wali Kota Malang, Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso, ST., MT, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto, S.Sos, Kepala Bagian Humas Kota Malang Donny Sandito W., S.STP., M.Si, serta Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang Muhamad Sailendra, ST., MM. (humas/yon/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content