Berita

Buka Pelatihan Kepemimpinan Pengawas, Sutiaji: Perkuat Tiga Hal Dasar

Malang (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mewanti-wanti para peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan XII agar benar-benar memanfaatkan momen untuk memperkuat tiga hal mendasar, yakni kompetensi, integritas, dan moral sebagai modal menjadi pemimpin organisasi.

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan XII Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur di Pemerintah Kota Malang Tahun 2021

Tiga hal dasar tersebut ditekankan Wali Kota Sutiaji pada pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan XII Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur di Pemerintah Kota Malang Tahun 2021, Selasa (29/6/21).

“Aktualisasi kepemimpinan dipilih sebagai tema karena sejatinya jiwa kepemimpinan sudah ada dalam diri masing-masing. Pelatihan ini diharapkan sebagai upaya mengaktualisasikan modal tersebut,” ungkap Sutiaji kepada 30 orang pejabat pengawas dari berbagai perangkat daerah di Pemkot Malang.

Sutiaji mengapresiasi terselenggaranya kegiatan pelatihan kepemimpinan tersebut. Menurutnya, hal ini sebagai upaya membentuk aparatur sipil negara (ASN) menjadi pemimpin-pemimpin yang kompeten dalam memberikan pelayanan terbaik untuk publik.

“Harapannya nanti dapat diimplementasikan pada pelayanan publik. Kita melayani masyarakat, maka bagaimana kita bisa menjadi abdi negara yang baik. Tentu upaya-upaya itu kita lakukan bersama,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Malang, Drs. Totok Kasianto menjelaskan bahwa, pelatihan yang diselenggarakan melalui lima metode utama sebagai substansi kurikulum pelatihan, yakni kepemimpinan Pancasila dan bela negara, kepemimpinan pelayanan, pengendalian pekerjaan, aktualisasi kepemimpinan, pembelajaran orientasi program dan evaluasi pembelajaran.

“Para peserta akan digembleng oleh Widyaiswara dari BPSDM Provinsi Jawa Timur selama lebih kurang 96 hari ke depan dengan format klasikal dan non-klasikal,” ujar Totok Kasianto.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut BPSDM Provinsi Jawa Timur dan para kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Malang selaku atasan para pejabat pengawas yang menjadi peserta pelatihan. (pan/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content