Artikel

Pelaku Usaha Kuliner Ini Punya Cara Beda Nikmati Ikan Lele

Malang (malangkota.go.id) – Kreativitas para pelaku usaha kuliner di Kota Malang semakin hari semakin kreatif. Salah satunya adalah Tutik Eksawati mengolah ikan lele dengan olahan krispi yang tanpa duri. Bisanya, ikan lele hanya ditemui dengan bumbu kuning dan digoreng.

Lele Krispi tanpa duri produk UMKM Kota Malang

 

“Saya memulai usaha ini sejak 2017. Produk saya beda dari yg lain karena produk saya ada lele krispi tanpa duri, yang bikin aman cara makan ikan tanpa tersangkut durinya,” ujar Tutik yang beralamat di Jalan Kolonel Sugiono Gg. 5/52 RT 12 RW 3 Mergosono, Kota Malang, Rabu (7/7/2021).

Tutik menambahkan bahwa, dirinya tidak hanya memproduksi lele krispi saja, namun ada buntil yaitu olahan sayur khas Jawa. Tutik juga membuat aneka macam minuman tradisional (jamu) dengan berbagai khasiat. Beberapa jamu yang diproduksinya adalah jamu beras kencur, kunir madu asem, sinom, temulawak, dan daun sirsat.

aneka macam minuman tradisional (jamu) dengan berbagai khasiat produk UMKM Kota Malang

Untuk harga produk bervariasi, olahan ikan lele dijual mulai Rp10.000,00. Sedangkan untuk jamu dengan botol besar 1.500 ml Rp25.000,00, botol tanggung 600 ml Rp17.000,00, dan botol kecil 250 ml Rp6.000,00.

“Produk saya cukup disukai oleh masyarakat. Langganan se-Malang Raya, sampai luar daerah. Kalau pas ke Malang mereka mampir ke rumah langsung borong semua produk saya,” ujarnya.

Sayangnya, pandemi Covid-19 ini berpengaruh juga pada penjualan produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang diberi nama Eksawati ini. Sebelum pandemi, usahanya maju dan memiliki omzet banyak.

“Jadi saya tidak kuwalahan untuk bayar cicilan bank. Tapi setelah pandemi, omzet langsung menurun drastis, biasanya ikan lele per bulannya habis 10-30 kg. Sekarang tidak sampai 1 kg,” ungkapTutik.

Jika Anda menyukai produk ini, bisa pesan di nomor telepon 089683775645 atau bisa juga melalui Facebook Tutik Eksawati. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content