Artikel

Kendang John Arif ‘Kopi Rock’ Tambah Koleksi Museum Musik Indonesia

Sukun, MC – Besar di Kota Malang dan sukses di Ibukota sebagai penabuh kendang, John Arif atau lebih dikenal dengan John Arif ‘Kopi Rock’ tidak pernah melupakan tanah kelahirannya. Pria yang juga merupakan pengusaha kopi ini menghibahkan kendang Sunda yang dimilikinya kepada Museum Musik Indonesia (MMI), Senin (22/8).

John Arif 'Kopi Rock' saat unjuk kebolehan bermain kendang di MMI, Senin (22/8)
John Arif ‘Kopi Rock’ unjuk kebolehan bermain kendang di MMI, Senin (22/8)

Pada acara serah terima kendang yang dilakukan di Gedung Kesenian Gajayana Malang ini, John sempat beraksi menunjukkan kelihaiannya bermain kendang. Tak hanya bermain kendang dengan mata terbuka, pria jenaka ini juga memainkan kendangnya dengan mata tertutup.

Berkat kendang, diungkapkannya ia bisa berkeliling nusantara bahkan melanglang buana sampai ke Italia, Jerman, maupun Perancis yang membuatnya sangat terkesan.

Orang-orang Eropa, diceritakannya, sangat mengagumi kehebatan kendang, ini agak berbeda dengan di Indonesia yang masih banyak menganggap bermain kendang itu ndeso. Padahal dengan ketekunan, kendang memiliki kans untuk bisa menjadi alat musik yang mendunia.

“Sebenarnya berat melepas kendang kenangan yang sudah menemani saya sejak masih pertama belajar musik. Tetapi demi edukasi kendang di Kota Malang, saya ikhlas melepas kendang ini,” ucap John, Selasa (22/8).

Dengan tambahan koleksi kendang milik John Arif, koleksi MMI saat ini semakin lengkap. Setidaknya saat ini ada lima jenis alat musik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content