Berita Pelayanan Publik

Wali Kota Sutiaji Apresiasi Semangat Warga Berbagi dengan Pasien Covid-19

Malang (malangkota.go.id)  – Salah satu dari lima strategi penanganan Covid-19 di Kota Malang yang dirancang Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji adalah Malber (Malang bebagi). Hal itu tergambarkan kuat di Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Selasa (13/7/2021). Warga menyalurkan bantuan untuk warga yang sedang isolasi mandiri (isoman) sebagai wujud konkrit dari aktualisasi kampung tangguh di masa pandemi Covid-19.

Penerimaan bantuan swadaya warga Kelurahan Samaan untuk memberikan dukungan moril dan materil kepada warga yang terinfeksi Covid-19

Diketahui, lima strategi penangangan Covid-19 itu mencakup Malpro (Malang beli produk lokal), Malber (Malang berbagi), Malherb (Malang herbal), Maldis (Malang digital servis) dan Malba (Malang bahagia).

Lurah Samaan Anang Setiawan, S. AP., M.Si mengatakan bahwa, bantuan ini adalah swadaya warga Kelurahan Samaan untuk memberikan dukungan moril dan materil kepada warga yang terinfeksi Covid-19. Bantuan dari warga tersebut berupa sembako yang terdiri dari bahan pokok, seperti beras, gula, minyak goreng, mi instan, kopi, teh, biskuit, susu, sarden, masker, dan lain-lain.

“Selain itu, warga juga memberikan uang tunai yang kemudian dibelanjakan sayur dan ikan, lalu dimasak oleh warga dan diantarkan ke tempat warga yang isoman,” ujar Anang Setiawan pada MC Kendedes, Rabu (14/7/2021).

Nominal bantuan per paket kurang lebih Rp150 hingga Rp200 ribu. Bantuan ini diterima oleh seluruh warga yang melaksanakan isoman di RW 1 hingga RW 8 yang perlu untuk mendapatkan bantuan. Seluruh bantuan yang masuk dikoordinir oleh Tim Satgas Covid-19 Kelurahan Tangguh Samaan, selanjutnya didistribusikan ke warga yang isoman.

Pengepakan bantuan oleh PKK RW  ke dalam kardus untuk diberikan kepada warga.

“Sumber bantuan ini dari seluruh warga masyarakat, baik yang dikoordinir oleh ketua RW, ketua RT selaku PPKM Mikro, dan kelompok PKK RW yang dikoordinir oleh TP PKK Kelurahan Samaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kelurahan Samaan Weni Anang Setiawan memberikan imbauan kepada pengurus dan ketua PKK RW untuk bergerak bersama, peduli dan berempati untuk ikut memberikan semangat dan bantuan kepada warga yang sedang melakukan isoman.

“Alhamdulillah dari yang dikumpulkan oleh PKK, baik berupa uang tunai maupun aneka kebutuhan pokok. Kami juga membantu tim satgas dalam hal pengepakan bantuan ke dalam kardus untuk diberikan kepada warga. Semua tim di Kelurahan Samaan bergerak bersama untuk mengatasi pandemi. Karena dengan kebersamaan, Insha Allah kami mampu meringankan dan memberikan semangat untuk melewati pandemi ini,” sambungnya.

Kelurahan Samaan yang kompak, kata dia, memiliki jargon keber”samaan” membangun empati dan kepedulian warga untuk sama-sama memiliki, karena semua untuk warga dari warga.

Penyaluran bantuan untuk warga yang sedang isolasi mandiri (isoman) di Kelurahan Samaan

Mengetahui kekompakan warga Samaan ini, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji memberikan apresiasi positif. Karena di tengah pandemi ini, warga yang isoman harus diberikan semangat dan dukungan agar imunnya naik dan bisa segera pulih kembali. Wali Kota Sutiaji juga mengimbau kepada warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan sehingga yang sehat tidak tertular atau terinfeksi Covid-19.

“Mari kita berikan dukungan kepada warga yang terinfeksi Covid-19. Jangan diasingkan, mari kita bantu dengan sebisanya. Insha Allah pandemi Covid-19 ini akan segera berlalu dan kita bisa hidup normal lagi. Kuncinya adalah, mari sama-sama kita patuhi prokes dan kebijakan pemerintah,” tuturnya. (ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like

Skip to content