Berita Kesehatan

Menko Luhut Sebut Isoter Langkah Tepat

Malang (malangkota.go.id)  – Dalam kunjungan kerjanya ke Kota Malang pada Jumat (13/8/2021) titik pertama yang menjadi tujuan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan menyapa warga yang menjalani isolasi terpusat (isoter). Di area kantor Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) di Jalan Kawi ini turut mendampingi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Forkopimda Jawa Timur serta Malang Raya.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji saat mendampingi Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan

Di depan warga yang sedang isolasi yang berjarak sekitar 10 meter ini, Menko Luhut menyampaikan bahwa isolasi terpusat merupakan langkah yang tepat agar mereka segera sembuh. Menurutnya, isolasi terpusat lebih baik jika dibanding isolasi mandiri di rumah, karena sarana prasarana penunjangnya pasti berbeda.

Seperti adanya pemantauan oleh tenaga medis, sanitasi, ketersediaan obat, makanan dan penerapan protokol kesehatan. Menko Marves juga mengingatkan jika varian virus Delta ini sangat berbahaya terutama jika sampai menyerang pernapasan dan tiba-tiba saturasi oksigen dalam darah rendah atau kurang dari 80 persen.

“Apabila tidak segera mendapat pertolongan maka dapat memicu kematian. Oleh sebab itu, jika kita terindikasi terpapar Covid-19 hendaknya segera melapor ke satgas setempat agar segera mendapat penaganan,” imbaunya.

Lebih jauh dia berpesan bahwa jika warga terpapar Covid-19 tidak perlu takut dan tidak perlu malu karena ini bukan aib. Maka dari itu, tegas dia, apabila sudah dinyatakan positif harus segera melapor agar segera mendapat penanganan optimal. Saat itu berjalan dengan baik maka yang bersangkutan akan segera sembuh.

Menko Luhut pun meminta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji agar berbagai sarana prasarana di tempat isoter ini dapat dipenuhi dengan baik. Dengan demikian, warga mau menjalani isolasi di tempat ini serta segera sembuh dari paparan virus berbahaya ini.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Sutiaji mengaku akan menjalankan apa yang disampaikan Menko Marves serta terus berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Timur. “Selama ini semua sarana prasarana sudah terpenuhi dengan baik, dan ke depan akan kami lebih optimalkan lagi. Kami berharap juga mau dan berdisiplin saat menjalani isolasi terpadu,” ungkapnya.

Setelah dari tempat isolasi terpadu tersebut, rombongan melannjutkan peninjauan vaksinasi di kampus Politeknik Kesehatan Malang yang ada di Jalan Ijen serta rumah sakit lapangan yang berada di kawasan lembaga tersebut. Menko Luhut kemudian melanjutkan kunjungan kerjanya ke sejumlah tempat di Kota Batu. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content