Klojen (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji membuka Bazar Klaster Mantriku di Kantor BRI Cabang Martadinata, Kota Malang, Jumat (15/10/2021). Hal ini sebagai komitmen BRI memberdayakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar bisa bangkit di tengah pandemi.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji saat memberikan sambutan

Pada bazar ini, ada enam stan yang menjual berbagai produk UMKM, di antaranya cendol dawet Karangploso, susu Pujon, tahu Gedog Wetan, keripik tempe Sanaan, permen Madyopuro, dan telur asin Kejapanan. Selain pembayaran dilakukan dengan cashless, transaksi juga tetap menggunakan protokol kesehatan.

Wali Kota Sutiaji mengungkapkan sangat menyambut baik apa yang dilakukan BRI dalam membantu UMKM semakin berdaya dan berkembang. Hal ini sangat sejalan dengan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk terus memajukan UMKM.

“UMKM memiliki potensi yang sangat luar biasa dengan terus dibina. Saya yakin UMKM di Malang ke depan akan bisa terus berkembang,” jelas Sutiaji.

Melalui pendampingan dari berbagai pihak ini, termasuk kalangan perbankan terhadap UMKM sangat penting. Karena bisa memberikan edukasi tentang UMKM bisa menembus pasar global.

Pimpinan BRI Malang Prasetya Sayekti mengatakan bazar ini dilakukan untuk membantu UMKM berkembang. Dengan adanya acara dan pendampingan, diharapkan UMKM bisa menjelma menjadi UMKM yang tangguh.

“Enam produk yang kami tawarkan pada bazar ini adalah produk yang dibuat mulai dari kecil. Ini menjadi bukti dengan didampingi dengan baik UMKM bisa menjadi usaha yang besar,” ujar Prasetya.

Menurut Prasetya, agar bisa bersaing di pasar, produk UMKM dikemas dengan baik. Misalnya dibuatkan platfom digital hingga dibuatkan akses ke pasar global. Dengan cara ini, UMKM bisa tangguh dan tidak hanya bisa bersaing di dalam negeri saja, tetapi juga di luar negeri. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content